Ciptakan Desain Abadi, Bukan Tren Semusim!

Kompas.com - 10/01/2014, 11:03 WIB
Pertama, pilihlah gaya dan warna-warna yang tergolong www.freshome.comPertama, pilihlah gaya dan warna-warna yang tergolong "klasik" untuk mengisi interior rumah Anda. Barang-barang dan material yang tergolong klasik umumnya sengaja dibuat untuk mampu bertahan dalam waktu lama.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Desain yang abadi (timeless) pada satu rumah atau bangunan punya potensi untuk dipertahankan turun-temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Tampilan semacam ini tidak hanya relevan digunakan pada saat ini, namun juga pernah relevan digunakan di masa lalu, dan akan tetap tampil relevan di masa depan.

Membuat tampilan abadi di rumah pun sebetulnya tidak sulit. Berikut ini beberapa ide yang bisa Anda lakukan di rumah Anda untuk mendapatkan tampilan tersebut:

www.freshome.com Jika Anda tertarik memasukkan desain klasik ke dalam rumah, Anda akan banyak bermain dengan detil-detil semacam ini. Selain itu, gunakan material-material seperti kayu, batu, batu bata, dan serat-serat alami seperti katun untuk mengisi rumah Anda.
Warna klasik

Pertama, pilihlah gaya dan warna-warna yang tergolong "klasik" untuk mengisi interior rumah Anda. Barang-barang dan material yang tergolong klasik umumnya sengaja dibuat untuk mampu bertahan dalam waktu lama.

Karena awet dan berkualitas, barang-barang tersebut harganya bisa lebih mahal dari barang-barang temporer yang mudah rusak. Barang-barang tersebut contohnya sofa, lemari, dan lantai kayu berkualitas tinggi relatif lebih tahan lama ketimbang kursi akrilik yang begitu up to date.

www.freshome.com Cobalah tempatkan barang antik di depan dinding netral atau di bawah karya seni moderen atau kontemporer. Memadukan unsur-unsur kekinian dengan barang antik disarankan karena mampu memberikan tampilan segar di rumah Anda.
Detail

Kedua, tiru gaya klasik Yunani, misalnya pilar masif, motif garis-garis, patung-patung, bust, dan cetakan-cetakan (molding) arsitektur. Jika Anda tertarik memasukkan desain klasik ke dalam rumah, Anda akan banyak bermain dengan detil-detil semacam ini. Selain itu, gunakan material-material seperti kayu, batu, batu bata, dan serat-serat alami seperti katun untuk mengisi rumah Anda.

Desain lawas dari beberapa abad silam umumnya memadukan penampilan sederhana, namun elegan. Karena itulah, pastikan dekorasi rumah Anda memadukan elemen-elemen tersebut.

Cobalah tempatkan barang antik di depan dinding netral atau di bawah karya seni moderen atau kontemporer. Memadukan unsur-unsur kekinian dengan barang antik disarankan karena mampu memberikan tampilan segar di rumah Anda.

Fungsional

Kemudian, cobalah mendesain sebuah tampilan yang tidak hanya menarik, namun juga fungsional. Hindari segala sesuatu yang berlebihan dan tidak praktis. Pastikan furnitur Anda berukuran pas dengan ruangan Anda. Selain itu, hindari juga terlalu banyak mendekor interior rumah Anda dengan berbagai ornamen dan pola-pola ramai.

Berhati-hatilah juga dalam menggunakan "warna tahun ini". Sebaiknya, gunakanlah warna-warna "tradisional" seperti krem, abu-abu, dan putih yang biasanya hadir dalam rumah-rumah tradisional.

Netral

Anda juga bisa memilih warna lain, seperti hitam, biru navy, dan hijau tua untuk melengkapi warna netral. Selain itu, untuk pola, gunakan pola-pola sederhana seperti garis-garis dan kotak-kotak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X