Provokatif... Ada 150 CCTV Palsu Dipasang di Dinding Rumah Ini!

Kompas.com - 08/01/2014, 13:01 WIB
Seniman jalanan asal Madrid, Spy, telah memasang 150 kamera keamanan CCTV palsu pada fasad bangunan di kota itu. Ia berusaha www.designboom.comSeniman jalanan asal Madrid, Spy, telah memasang 150 kamera keamanan CCTV palsu pada fasad bangunan di kota itu. Ia berusaha "merampas" elemen perkotaan melalui replikasi kamera tersebut sebagai eksterior.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Seniman jalanan asal Madrid, Spy, telah memasang 150 kamera keamanan CCTV palsu pada fasad bangunan di kota itu. Ia berusaha "merampas" elemen perkotaan melalui replikasi kamera tersebut sebagai eksterior.

www.designboom.com Spy atau dikenal dengan 'Spanyol Banksy' mengaku hal ini merupakan intervensi terbarunya berdasarkan pengamatannya pada perkotaan
Spy atau dikenal dengan 'Spanyol Banksy' mengaku hal ini merupakan intervensi terbarunya berdasarkan pengamatannya pada perkotaan. Dia mengatakan telah mengkontekstualisasikan perangkat tersebut sebagai bagian dari eksterior bangunan, tepatnya di salah satu bagian dinding bangunan yang menghadap kota.

www.designboom.com Spy telah mengatur kamera dalam pola teratur pada dinding yang menghadap langsung ke jalan yang tenang di Madrid. Dia mengaku, instalasi ini dimaksudkan untuk memprovokasi orang yang lewat dalam merefleksikan interaksi sehari-hari mereka dengan teknologi pengawasan.
Spy telah mengatur kamera dalam pola teratur pada dinding yang menghadap langsung ke jalan yang tenang di Madrid. Dia mengaku, instalasi ini dimaksudkan untuk memprovokasi orang yang lewat dalam merefleksikan interaksi sehari-hari mereka dengan teknologi pengawasan, dan orang-orang di sekitarnya. Respon masyarakat terhadap ulahnya pun menilai bahwa hal itu hanya sekadar tampilan saja.

www.designboom.com Dalam situsnya Spy mengaku, karyanya ini melibatkan elemen perkotaan melalui transformasi atau replikasi kamera sebagai tanggapan atas realitas kaum urban. Tujuannya, menurut Spy, untuk menciptakan karya seni sebagai bagian yang sama dengan ironi.
Dalam situsnya Spy mengaku, karyanya ini melibatkan elemen perkotaan melalui transformasi atau replikasi kamera sebagai tanggapan atas realitas kaum urban. Tujuannya, menurut Spy, untuk menciptakan karya seni sebagai bagian yang sama dengan ironi.

www.designboom.com Dalam situsnya Spy mengaku, karyanya ini melibatkan elemen perkotaan melalui transformasi atau replikasi kamera sebagai tanggapan atas realitas kaum urban. Tujuannya, menurut Spy, untuk menciptakan karya seni sebagai bagian yang sama dengan ironi.
"Dan humor positif yang bikin tersenyum, menghasut refleksi dan mendukung hati nurani yang tercerahkan," ujarnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X