Pastikan Rumah Anda Siap Menghadapi Musim Hujan Ini!

Kompas.com - 08/01/2014, 12:20 WIB
Memang, tindakan reaktif perlu Anda lakukan. Namun, cobalah mempelajari asal air masuk ke dalam rumah dan penyebabnya. Ketika hujan mereda, Anda bisa menanggulanginya dan mencegah air masuk kembali dalam rumah. www.houzz.comMemang, tindakan reaktif perlu Anda lakukan. Namun, cobalah mempelajari asal air masuk ke dalam rumah dan penyebabnya. Ketika hujan mereda, Anda bisa menanggulanginya dan mencegah air masuk kembali dalam rumah.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Hujan memang mampu membuat udara di dalam rumah lebih sejuk dan lebih nyaman untuk beristirahat. Namun, hujan deras yang turun terus-menerus, bahkan hampir setiap hari di sebagian besar wilayah Jakarta saat ini, juga bisa menimbulkan risiko bagi rumah Anda.

Untuk itulah, saatnya kini memberikan perhatian lebih pada rumah Anda selama musim penghujan. Berikut ini beberapa hal sebaiknya dilakukan dan hindari selama musim penghujan:

www.houzz.com Pintu dan jendela kayu pun bisa berubah bentuk selama musim penghujan. Jika cuaca sudah membaik, mintalah ahli atau tukang kayu memperbaiki pintu Anda sehingga tidak mudah menjebak anak atau orang tua dalam ruangan.
Bocor

Pertama-tama, ketika hujan deras turun di atas rumah Anda, perhatikan ada atau tidaknya kebocoran dalam rumah, terutama di bagian plafon atau di pertemuan antara dinding dan plafon. Tanggulangi sementara kebocoran tersebut dengan menampung airnya, namun buat juga daftar bagian-bagian mana saja yang bocor. Bila perlu, foto setiap bagian tersebut agar ketika hujan berhenti, Anda bisa membubuhkan lapisan anti-air.

www.houzz.com Selain itu, waspada naiknya air dari saluran air, selokan, atau gutter. Sebisa mungkin, bersihkan saluran air dan selokan dari sampah atau tanah yang menumpuk.
Saluran

Masuknya air ke dalam rumah tidak hanya bisa berasal dari atap. Perhatikan juga jendela dan pintu rumah Anda.

Selain itu, waspada naiknya air dari saluran air, selokan, atau gutter. Sebisa mungkin, bersihkan saluran air dan selokan dari sampah atau tanah yang menumpuk.

Memang, tindakan reaktif perlu Anda lakukan. Namun, cobalah mempelajari asal air masuk ke dalam rumah dan penyebabnya. Ketika hujan mereda, Anda bisa menanggulanginya dan mencegah air masuk kembali dalam rumah.

www.houzz.com Kelima, bila perlu, ganti switch lampu dan listrik di rumah Anda. Hal ini bisa dibarengi dengan pengecekan instalasi listrik secara menyeluruh. Hal ini juga berkaitan dengan keamanan Anda dan keluarga.
Perubahan

Pintu dan jendela kayu pun bisa berubah bentuk selama musim penghujan. Jika cuaca sudah membaik, mintalah ahli atau tukang kayu memperbaiki pintu Anda sehingga tidak mudah menjebak anak atau orang tua dalam ruangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X