Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Tampilan Salah Satu Bandara Tercanggih di Dunia

Kompas.com - 06/01/2014, 10:05 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Studio arsitektur asal Belanda, UNStudio secara khusus diminta oleh Georgia untuk mendesain bandar udara yang paling bersih, lapang, dan cantik dalam sejarah aviasi dunia.

Kutaisi International Airport di Tsqnet'i, Georgia, tersebut akan melayani hingga satu juta pelancong tahun ini. Georgia mendapat sorotan lantaran terbukti mampu mengubah citra bangunan-bangunan yang menjadi bagian dari kultur populer, misalnya bangunan restoran cepat saji McDonald's, menjadi karya istimewa.

 
architizer Bandara tersebut akan menampung berbagai fitur arsitektur yang menjadi bagian dari daya tarik bandara itu sendiri. Misalnya, fasad sederhana namun menarik yang berhias warna merah di depan bandara.
Curbed mencatat, jatuhnya pilihan pada UNStudio merupakan langkah yang bisa dimengerti. Untuk membuat bandara yang begitu modern, canggih, dan memiliki tampilan sangat istimewa, UNStudio bisa diandalkan.

Bandara tersebut akan menampung berbagai fitur arsitektur yang menjadi bagian dari daya tarik bandara itu sendiri. Misalnya, fasad sederhana namun menarik yang berhias warna merah di depan bandara. Ada pula tampilan seperti sarang tawon di dalam bandara ini yang mengarah langsung pada jalur pergerakan para pelancong di dalamnya.

architizer Arsitektural bandara yang menampung 1 juta pelancong ini, memiliki tampilan interior seperti sarang tawon yang mengarah langsung pada jalur pergerakan para pelancong di dalamnya.
Bandara ini bahkan menambah daftar keunggulannya dengan mengikutsertakan sistem penyerapan air dalam tanah untuk memenuhi kebutuhan bandara tersebut.
 
Bandara tersebut kini sudah rampung dan akan melayani lebih dari 30 penerbangan per minggu. Bahkan, pada musim semi 2014 ini, jumlah penerbangan akan bertambah hingga mencapai 40 penerbangan per minggu. Nantinya, ada pula penerbangan langsung menuju Georgia dari Eropa Barat.

Architizer menyediakan foto-foto istimewa bandara ini. Dalam foto, tampak warna mencolok pada aksen, banyaknya sinar matahari menyelinap masuk ke dalam bandara dari jendela-jendela raksasa, serta hiruk-pikuk yang terarah menambah besar harapan pada bandara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com