Kompas.com - 06/01/2014, 10:05 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Studio arsitektur asal Belanda, UNStudio secara khusus diminta oleh Georgia untuk mendesain bandar udara yang paling bersih, lapang, dan cantik dalam sejarah aviasi dunia.

Kutaisi International Airport di Tsqnet'i, Georgia, tersebut akan melayani hingga satu juta pelancong tahun ini. Georgia mendapat sorotan lantaran terbukti mampu mengubah citra bangunan-bangunan yang menjadi bagian dari kultur populer, misalnya bangunan restoran cepat saji McDonald's, menjadi karya istimewa.

 
architizer Bandara tersebut akan menampung berbagai fitur arsitektur yang menjadi bagian dari daya tarik bandara itu sendiri. Misalnya, fasad sederhana namun menarik yang berhias warna merah di depan bandara.
Curbed mencatat, jatuhnya pilihan pada UNStudio merupakan langkah yang bisa dimengerti. Untuk membuat bandara yang begitu modern, canggih, dan memiliki tampilan sangat istimewa, UNStudio bisa diandalkan.

Bandara tersebut akan menampung berbagai fitur arsitektur yang menjadi bagian dari daya tarik bandara itu sendiri. Misalnya, fasad sederhana namun menarik yang berhias warna merah di depan bandara. Ada pula tampilan seperti sarang tawon di dalam bandara ini yang mengarah langsung pada jalur pergerakan para pelancong di dalamnya.

architizer Arsitektural bandara yang menampung 1 juta pelancong ini, memiliki tampilan interior seperti sarang tawon yang mengarah langsung pada jalur pergerakan para pelancong di dalamnya.
Bandara ini bahkan menambah daftar keunggulannya dengan mengikutsertakan sistem penyerapan air dalam tanah untuk memenuhi kebutuhan bandara tersebut.
 
Bandara tersebut kini sudah rampung dan akan melayani lebih dari 30 penerbangan per minggu. Bahkan, pada musim semi 2014 ini, jumlah penerbangan akan bertambah hingga mencapai 40 penerbangan per minggu. Nantinya, ada pula penerbangan langsung menuju Georgia dari Eropa Barat.

Architizer menyediakan foto-foto istimewa bandara ini. Dalam foto, tampak warna mencolok pada aksen, banyaknya sinar matahari menyelinap masuk ke dalam bandara dari jendela-jendela raksasa, serta hiruk-pikuk yang terarah menambah besar harapan pada bandara tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.