Awas... Bahaya Toksin di Rumah Anda!

Kompas.com - 02/01/2014, 19:30 WIB
Langkah pertama membuat rumah Anda bebas bahan-bahan beracun adalah memilih cat dinding dan cat perabotan berwarna terang. Semakin terang warnanya, menurut Seo, lebih sedikit pewarna yang ditambahkan dalam cat tersebut. Artinya, semakin sedikit bahan kimia di dalamnya. www.houzz.comLangkah pertama membuat rumah Anda bebas bahan-bahan beracun adalah memilih cat dinding dan cat perabotan berwarna terang. Semakin terang warnanya, menurut Seo, lebih sedikit pewarna yang ditambahkan dalam cat tersebut. Artinya, semakin sedikit bahan kimia di dalamnya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Resolusi tahun baru seperti apa yang sudah Anda buat terkait dengan rumah dan keluarga Anda? Jika belum ada atau ingin menambah resolusi lain dalam hidup Anda di tahun yang baru ini, Anda bisa memastikan rumah bebas toksin. Caranya?

Seperti dikutip dalam Casa Sugar, ahli gaya hidup ramah lingkungan Danny Seo bersikeras bahwa menjaga rumah Anda jauh dari material berbahaya merupakan hal mudah. Anda tidak perlu berkompromi pada gaya hidup ataupun mengeluarkan lebih banyak uang.

Langkah pertama membuat rumah Anda bebas bahan-bahan beracun adalah memilih cat dinding dan cat perabotan berwarna terang. Semakin terang warnanya, menurut Seo, lebih sedikit pewarna yang ditambahkan dalam cat tersebut. Artinya, semakin sedikit bahan kimia di dalamnya.

www.houzz.com Pilih juga finishing yang tidak mengkilap. Cat mengkilap lebih banyak mengandung bahan kimia berbahaya. Selain itu, pastikan juga Anda memiliki cat tanpa kandungan VOC.
Pilih juga finishing yang tidak mengkilap. Cat mengkilap lebih banyak mengandung bahan kimia berbahaya. Selain itu, pastikan juga Anda memiliki cat tanpa kandungan VOC.

Langkah kedua adalah memastikan Anda membuang sisa cat atau bahan kimia lainnya dengan layak. Untuk membuang cat yang tidak terpakai, masukkan pasir khusus untuk membuang kotoran kucing (kitty litter) pada cat. Kemudian, biarkan mengering.

Buang cat yang sudah kering ke dalam tempat sampah. Kemudian, daur ulang wadah cat yang sudah tidak terpakai.

Langkah ketiga, usahakan menggunakan furnitur yang terbuat dari serat alami dan tidak dihias dengan bahan-bahan kimia. Hindari penggunaan sofa kulit karena kulit yang digunakan umumnya menggunakan chromium. Bahan kimia ini mampu memicu alergi bagi sebagian orang. Jika Anda menyukai perabot dari kulit binatang, pastikan perusahaan penyedia furnitur tersebut tidak menyemprotkan bahan kimia apa pun untuk membuat kulit antinoda dan anti-api.

www.houzz.com Langkah ketiga, usahakan menggunakan furnitur yang terbuat dari serat alami dan tidak dihias dengan bahan-bahan kimia.
Langkah keempat, cobalah menggunakan permukaan meja dapur laminate. Memang, laminate countertop tersebut tidak hanya terasa seperti batu asli, namun juga harganya jauh lebih murah. Soal kekuatan, permukaan meja dapur ini juga kuat. Lagipula, di Amerika Serikat, meja dapur jenis ini sudah mendapat pengakuan dari US Green Building Council sebagai pilihan ramah lingkungan.

Terakhir, cobalah menggunakan lateks alami, ketimbang memory foam. Ternyata, seperti dikutip dalam Casa Sugar, tempat tidur memory foam terbuat dari bahan petrokimia yang akan melepaskan kimia ketika Anda tidur. Lateks alami memiliki rasa yang sama dengan memory foam, namun dia juga antimikroba, tahan terhadap tungau debu, jamur, dan kelembaban.

Selamat mencoba!

Sumber: www.casasugar.com

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X