Kompas.com - 28/12/2013, 12:24 WIB
EditorLatief
KOMPAS.com - Bisa dikatakan, window blind adalah salah satu solusi praktis untuk jendela. Hanya, meskipun awet, window blind  butuh perawatan yang rumit. Jika tidak dibersihkan hingga berminggu-minggu, aksesoris ini bisa menjadi sarang debu dan kotoran.

Debu dan kotoran tadi bisa terbawa udara dan terhirup oleh penghuni rumah. Untuk itulah, Anda perlu segera membersihkan window blind. Ir Arieta Bonara, pemilik Sandei Sliding Walls and Blinds membagi tipsnya berikut ini:

Untuk perawatan ringan (harian) memang tidak terlalu merepotkan. Anda cukup membersihkan permukaan window blind dengan vacuum cleaner. Atau, Anda juga bisa mengelap permukaannya hanya dengan lap kering.

www.houzz.com Namun, jika window blind terkena noda membandel, Anda memang harus ekstra repot. Tapi, kata Arieta, coba dulu bersihkan dengan kain lap lembab. Kalau tidak berhasil ,baru lakukan langkah-langkah berikut:
Lakukan perawatan ringan tersebut paling tidak seminggu dua kali. Ini perlu dilakukan agar debu dan kotoran tidak terlanjur menumpuk.

Namun, jika window blind terkena noda membandel, Anda memang harus ekstra repot. Tapi, kata Arieta, coba dulu bersihkan dengan kain lap lembab. Kalau tidak berhasil ,baru lakukan langkah-langkah berikut:

- Lepaskan window blind dari jendela. Kemudian semprot permukaan window blind yang terkena noda itu dengan air bersih. Saat menyemprotnya, usahakan agar posisi window blind  dalam keadaan menggantung.

www.houzz.com Lakukan perawatan ringan tersebut paling tidak seminggu dua kali. Ini perlu dilakukan agar debu dan kotoran tidak terlanjur menumpuk.
- Sambil menyemprot, bersihkan bagian bernoda dengan bantuan sikat berbulu halus. Jangan menyikatnya terlalu keras agar permukaan window blind tidak rusak.

- Jika masih membandel juga, Anda bisa membersihkannya dengan air hangat dan sabun. Cara ini bisa Anda lakukan untuk window blind berbahan vinyl atau fiber. Untuk window blind berbahan kayu, sebaiknya Anda membersihkannya dengan bantuan cairan pembersih khusus kayu.

(Anissa Q. Aini)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber IDEA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.