Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Tahu Caranya, Tak Sulit Bersihkan "Window Blind"!

Kompas.com - 28/12/2013, 12:24 WIB
KOMPAS.com - Bisa dikatakan, window blind adalah salah satu solusi praktis untuk jendela. Hanya, meskipun awet, window blind  butuh perawatan yang rumit. Jika tidak dibersihkan hingga berminggu-minggu, aksesoris ini bisa menjadi sarang debu dan kotoran.

Debu dan kotoran tadi bisa terbawa udara dan terhirup oleh penghuni rumah. Untuk itulah, Anda perlu segera membersihkan window blind. Ir Arieta Bonara, pemilik Sandei Sliding Walls and Blinds membagi tipsnya berikut ini:

Untuk perawatan ringan (harian) memang tidak terlalu merepotkan. Anda cukup membersihkan permukaan window blind dengan vacuum cleaner. Atau, Anda juga bisa mengelap permukaannya hanya dengan lap kering.

www.houzz.com Namun, jika window blind terkena noda membandel, Anda memang harus ekstra repot. Tapi, kata Arieta, coba dulu bersihkan dengan kain lap lembab. Kalau tidak berhasil ,baru lakukan langkah-langkah berikut:
Lakukan perawatan ringan tersebut paling tidak seminggu dua kali. Ini perlu dilakukan agar debu dan kotoran tidak terlanjur menumpuk.

Namun, jika window blind terkena noda membandel, Anda memang harus ekstra repot. Tapi, kata Arieta, coba dulu bersihkan dengan kain lap lembab. Kalau tidak berhasil ,baru lakukan langkah-langkah berikut:

- Lepaskan window blind dari jendela. Kemudian semprot permukaan window blind yang terkena noda itu dengan air bersih. Saat menyemprotnya, usahakan agar posisi window blind  dalam keadaan menggantung.

www.houzz.com Lakukan perawatan ringan tersebut paling tidak seminggu dua kali. Ini perlu dilakukan agar debu dan kotoran tidak terlanjur menumpuk.
- Sambil menyemprot, bersihkan bagian bernoda dengan bantuan sikat berbulu halus. Jangan menyikatnya terlalu keras agar permukaan window blind tidak rusak.

- Jika masih membandel juga, Anda bisa membersihkannya dengan air hangat dan sabun. Cara ini bisa Anda lakukan untuk window blind berbahan vinyl atau fiber. Untuk window blind berbahan kayu, sebaiknya Anda membersihkannya dengan bantuan cairan pembersih khusus kayu.

(Anissa Q. Aini)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDEA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com