Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menata Kamar Tidur, Menyambut Kesibukan Normal

Kompas.com - 27/12/2013, 16:24 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Tahun 2013 hampir berakhir. Bagi yang merayakan Natal, satu perayaan sudah berlalu. Kini, tinggal tersisa perayaan tahun baru.

Selepas perayaan tersebut, tidak sedikit yang harus kembali sibuk seperti biasa. Lalai mempersiapkan tubuh dan mental membuat pekerjaan normal terasa semakin berat. Untuk itu, ada baiknya Anda mengatur kembali kamar tidur agar mampu mendukung kesiapan Anda.

Namun, Anda sebaiknya memilih berbagai hal dengan cermat dan tepat. Pilihan yang tepat adalah kunci kesiapan Anda. Pilihan tersebut membuat tubuh Anda nyaman, dan akan lebih segar saat beraktifitas. Simak beberapa cara berikut ini:

Pertama-tama, pilihlah material yang tepat di dalam kamar tidur. Memang, pilihan seprai, sarung bantal, dan guling merupakan pilihan pribadi yang sangat bergantung pada selera. Namun, katun relatif lembut dan breathable. Katun mampu menjaga Anda tetap hangat di malam hari dan segar ketika udara terasa sangat panas.

www.houzz.com Ketiga, pilihlah matras dengan bijak. Tidak perlu terburu-buru. Anda akan menggunakan matras selama delapan hingga 10 tahun, bahkan mungkin lebih. Satu atau dua jam mencoba matras di ruang pamer tentu tidak ada apa-apanya dibanding jumlah waktu Anda menggunakan matras tersebut. Carilah matras sesuai kebutuhan dan kesehatan tulang Anda.
Tak cukup dengan katun, Anda bisa menggunakan sarung bantal terbuat dari sutra. Sutra memang mahal, namun sangat breathable. Bahan ini jauh lebih mampu beradaptasi ketimbang katun, meskipun memang harganya jauh lebih mahal.

Kedua, berhati-hatilah pada thread count atau jumlah benang yang dianyam dalam satu bidang bahan. Semakin besar thread count, mitosnya seprai semakin lembut dan kualitasnya semakin baik. Ternyata tidak harus begitu. Cari saja seprai dengan 200 thread count atau lebih. Namun, menurut Huffington Post, di atas 800 thread count sudah tidak berarti lagi perbedaannya.

Ketiga, pilihlah matras dengan bijak. Tidak perlu terburu-buru. Anda akan menggunakan matras selama delapan hingga 10 tahun, bahkan mungkin lebih. Satu atau dua jam mencoba matras di ruang pamer tentu tidak ada apa-apanya dibanding jumlah waktu Anda menggunakan matras tersebut. Carilah matras sesuai kebutuhan dan kesehatan tulang Anda.

www.houzz.com Keempat, pilih bantal yang sesuai dengan gaya tidur Anda. Jika Anda tidur terlentang, pilih bantal padat yang lebih stabil. Jika Anda tidur tengkurap, pilihlah down pillow. Namun, jika Anda menderita alergi, hati-hatilah dengan alegen. Mastikan Anda menggunakan sarung bantal anti tungau.
Keempat, pilih bantal yang sesuai dengan gaya tidur Anda. Jika Anda tidur terlentang, pilih bantal padat yang lebih stabil. Jika Anda tidur tengkurap, pilihlah down pillow. Namun, jika Anda menderita alergi, hati-hatilah dengan alegen. Mastikan Anda menggunakan sarung bantal anti tungau.

Kelima, pastikan Anda merawat perlengkapan tidur dengan teliti dan rutin. Hindari juga penggunaan pelembut bahan karena akan mengikis seprai Anda. Selalu gunakan air hangat-hangat kuku dan hindari mengeringkan seprai dengan temperatur tinggi untuk memastikan seprai Anda berumur panjang. Ganti seprai setiap minggu, atau setiap bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com