Philips Catat Transaksi Terbesar Sepanjang 2013

Kompas.com - 21/12/2013, 15:05 WIB
Symphony Office. europe-reSymphony Office.
|
EditorHilda B Alexander
AMSTERDAM, KOMPAS.com - Jika selama ini Belanda luput dari gegap gempita pemberitaan sektor properti, bukan tanpa sebab. Jarang terjadi transaksi atau pertumbuhan yang menjadi fenomena dan masuk dalam radar riset konsultan properti dunia.

Namun, kali ini berbeda. Adalah dana pensiun Philips yang telah menjual kantor Symphony kepada Immobilien GmbH senilai 294,5 juta dollar AS (Rp 3,5 triliun). Menurut CBRE, transaksi properti ini tercatat sebagai yang terbesar di Belanda sepanjang 2013.

Symphony merupakan gedung kantor utama di Amsterdam South Axis, distrik bisnis inti di Belanda. Gedung ini seluas 34.500 meter yang dilengkapi 466 ruang parkir bawah tanah.

Ketinggian gedung mencapai 27 lantai dan merupakan salah satu kantor yang dianggap sebagai tengara terakhir yang berlokasi di distrik bisnis inti. Penyewanya adalah perusahaan-perusahaan beken seperti APG, ProLogis, Tata Consultancy, Arcadis dan Holland Financial Center.

Symphony dikelilingi sejumlah gedung lainnya, seperti Symphony Residence dan Crown Plaza Hotel yang merupakan bagian dari proyek pengembangan Symphony.

Wajar bila Symphony ini dianggap sebagai salah satu tengara kota. Pasalnya, ia dirancang oleh arsitek kenamaan Belanda, yakni Pi de Bruijn (Architecten Cie).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X