Setinggi 530 Meter, Inilah Tampilan Pertamina Energy Tower...

Kompas.com - 12/12/2013, 13:48 WIB
Dengan struktur bangunan terdiri dari 99 lantai, SOM merancang gedung ini sebagai gedung berdesain berkelanjutan, seperti membuat bentuk corong angin pada puncak gedungnya sebagai penangkap energi. www.designboom.comDengan struktur bangunan terdiri dari 99 lantai, SOM merancang gedung ini sebagai gedung berdesain berkelanjutan, seperti membuat bentuk corong angin pada puncak gedungnya sebagai penangkap energi.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Setinggi 530 meter, Pertamina Energy Tower akan menjadi kantor pusat PT Pertamina (Persero) yang akan tercatat sebagai gedung pencakar langit tertinggi kesembilan di dunia. Dirancang oleh Skidmore Owings Merrill (SOM), Pertamina Energy Tower akan menjadi nuansa baru di langit Jakarta.

Dengan struktur bangunan terdiri dari 99 lantai, SOM merancang gedung ini sebagai gedung berdesain berkelanjutan, seperti membuat bentuk corong angin pada puncak gedungnya sebagai penangkap energi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.designboom.com Jalan-jalan di sekitar gedung akan ditutup photovoltaic sebagai penghubung antar gedung sekaligus melindungi paparan cuaca dan membangun berbagai ruang publik yang dapat diakses siapa saja.
Dikalibrasi untuk mengikuti kondisi geografis Jakarta, fasad gedung ini dibuat melengkung dengan ekstensi fitur brise soleil yang akan memastikan suhu di dalam gedung senantiasa nyaman sepanjang tahun. Cara ini juga akan dapat mengurangi kebutuhan pencahayaan buatan. Sementara itu, jalan-jalan di sekitar gedung akan ditutup photovoltaic sebagai penghubung antargedung sekaligus melindungi paparan cuaca dan membangun berbagai ruang publik yang dapat diakses siapa saja.

Gedung ini diharapkan berfungsi sebagai "kota dalam kota", membawa bersama-sama hidup, bekerja, sekaligus ruang rekreasi. Di dalamnya akan dibangun sebuah auditorium berkapasitas 2.000 kursi, sebuah pusat olahraga besar, serta sebuah masjid besar.

www.designboom.com Pertamina Energy Tower ini akan berlokasi di kawasan superblok Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.
Dijadwalkan dapat beroperasi pada 2020 mendatang, SOM mengklaim bahwa pembangunan proyek ini akan mengurangi kebutuhan air pada seluruh gedung dan meminimalkan emisi karbon dioksida sebesar 26 persen, serta menghasilkan 25 persen sumber energi terbarukan pada 2020.

Seperti diberitakan sebelumnya di Kompas.com (Pertamina Energy Tower, Nomor 9 Tertinggi di Dunia!), PT Pertamina (Persero) telah memulai retasan impian membangun salah satu pencakar langit tertinggi di Indonesia yang ditandai peletakan batu pertama, Senin (9/12/2013). Pencakar langit bernama Pertamina Energy Tower ini akan berlokasi di kawasan superblok Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.