Desain Aman dan Nyaman Gedung Penitipan Anak

Kompas.com - 03/12/2013, 13:54 WIB
Dengan bentuk melengkung, desain gedung ini hampir sepenuhnya menghilangkan sudut-sudut pada dalam skema bangunan tersebut. Seluas 1000 meter persegi, luas lantai gedung ini diatur untuk bisa menghubungkan semua bidang desain. www.designboom.comDengan bentuk melengkung, desain gedung ini hampir sepenuhnya menghilangkan sudut-sudut pada dalam skema bangunan tersebut. Seluas 1000 meter persegi, luas lantai gedung ini diatur untuk bisa menghubungkan semua bidang desain.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Tahap akhir dari gedung penitipan anak di Boulay, Perancis, ini telah
diselesaikan oleh Paul le Quernec Architectes. Tim ini menjadikan fasilitas penitipan anak tersebut benar-benar terfokus pada keamanan dan perlindungan yang nyaman bagi anak-anak.

www.designboom.com Tim desain ini mampu mengambil keuntungan dari bentuk peraturan perencanaan proyek yang memiliki organisasi spasial konvensional. Mereka membangun lingkungan yang saling terhubung dengan baik dan terbuka tanpa adanya lorong atau koridor.
Tim desain ini mampu mengambil keuntungan dari bentuk peraturan perencanaan proyek yang memiliki organisasi spasial konvensional. Mereka membangun lingkungan yang saling terhubung dengan baik dan terbuka tanpa adanya lorong atau koridor.

www.designboom.com Menggunakan struktur tenda yang tertutup dengan langit-langit polikarbonat, desain ini memungkinkan cahaya masuk leluasa ke dalam tiap ruangan. Sementara eksteriornya berorientasi untuk melindungi anak-anak dari paparan sinar matahari dengan struktur atap bergelombang.
Dengan bentuk melengkung, desain gedung ini hampir sepenuhnya menghilangkan sudut-sudut pada dalam skema bangunan tersebut. Seluas 1000 meter persegi, luas lantai gedung ini diatur untuk bisa menghubungkan semua bidang desain.

Menggunakan struktur tenda yang tertutup dengan langit-langit polikarbonat, desain ini memungkinkan cahaya masuk leluasa ke dalam tiap ruangan. Sementara eksteriornya berorientasi untuk melindungi anak-anak dari paparan sinar matahari dengan struktur atap
bergelombang.

www.designboom.com Dengan bentuk melengkung, desain gedung ini hampir sepenuhnya menghilangkan sudut-sudut pada dalam skema bangunan tersebut. Seluas 1000 meter persegi, luas lantai gedung ini diatur untuk bisa menghubungkan semua bidang desain.
Posisi gedung pun diatur menjauhi jalan dengan sistem jalan satu arah. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kecelakaan di luar gedung.

Gedung ini dibangun menggunakan material konvensional, yaitu batu bata tanah liat, sebelum akhirnya dilapisi dengan motif tertentu. Tim tersebut juga menggunakan plasterboards ganda yang digunakan sebagai dinding partisi. Material tersebut juga dipilih untuk melapisi langit-langit sehingga meningkatkan kenyamanan akustik di dalam ruangan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X