Kompas.com - 03/12/2013, 11:08 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Gedung 'Dolphinarium' yang terletak di Tel Aviv ini didirikan pada pertengahan 80-an. Tetapi, sebentar lagi bangunan akan dibongkar untuk menjadi kawasan penghubung Tel aviv dengan Jaffa, sebuah kota pelabuhan kuno.

www.dailymail.co.uk Setelah kerusakan parah oleh seorang pembom bunuh diri pada 2000, tempat itu belum pernah direnovasi. Kini, tempat itu akan benar-benar dibongkar dan menjadi bagian dari boardwalk di kawasan pantai Tel Aviv.
Upaya tersebut dinilai sebagai aksi yang seharusnya sudah dilakukan pada tahap pertama pembangunan taman laut terbesar di Israel itu. Mereka yang dibesarkan di era 80-an tentu masih ingat keberadaan toko-toko suvenir, akuarium besar dan hal lain di sini pada setiap kunjungannya. Mereka juga tidak akan lupa akan atraksi lumba-lumba melompat-lompat dengan sirip mereka, menyemburkan air, atau menerobos rintangan tali.

www.dailymail.co.uk Mereka yang dibesarkan di era 80-an tentu masih ingat keberadaan toko-toko suvenir, akuarium besar dan hal lain di sini pada setiap kunjungannya. Mereka juga tidak akan lupa akan atraksi lumba-lumba melompat-lompat dengan sirip mereka, menyemburkan air, atau menerobos rintangan tali.
Sosok brilian di balik ide aneh ini adalah Nahum Zolotov, seorang arsitek berbakat dan penyelam amatir yang meyakinkan investor lokal untuk membuat fantasinya menjadi kenyataan. Dengan gaya desain modernnya, Zolotov menciptakan urutan bangunan unik dengan garis bulat terbuat dari beton yang merupakan material umum untuk bangunan di Israel.

www.dailymail.co.uk Setelah kerusakan parah oleh seorang pembom bunuh diri pada 2000, tempat itu belum pernah direnovasi. Kini, tempat itu akan benar-benar dibongkar dan menjadi bagian dari boardwalk di kawasan pantai Tel Aviv.
Namun, orang ternyata mulai bosan dengan konsep itu. Tak heran, dalam beberapa tahun selanjutnya Dolphinarium itu kosong. Setelah kerusakan parah oleh seorang pembom bunuh diri pada 2000, tempat itu belum pernah direnovasi. Kini, tempat itu akan benar-benar dibongkar dan menjadi bagian dari boardwalk di kawasan pantai Tel Aviv.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.