Stadion Piala Dunia Qatar 2022 Bukan "Vagina"!

Kompas.com - 26/11/2013, 10:27 WIB
Dalam rencana penyelesaiannya, stadion ini akan memiliki kapasitas kotor 40.000 penonton. Dengan bentuk integrasi modular, konstruksinya sudah disiapkan dan akan dimulai pembangunannya pada 2014 mendatang.
www.designboom.comDalam rencana penyelesaiannya, stadion ini akan memiliki kapasitas kotor 40.000 penonton. Dengan bentuk integrasi modular, konstruksinya sudah disiapkan dan akan dimulai pembangunannya pada 2014 mendatang.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com — Diva arsitek dunia, Zaha Hadid, menampik tudingan kontroversial bahwa desainnya untuk Stadion Al Wakrah di Qatar merepresentasikan bentuk alat kelamin perempuan, vagina.

Menurut Hadid, tudingan tersebut tidak masuk akal, bahkan mendiskreditkan jender tertentu.

"Benar-benar memalukan bahwa mereka bisa muncul dengan omong kosong seperti ini. Apa yang mereka katakan? Segalanya dengan lubang adalah vagina? Benar-benar bodoh," ungkapnya pada majalah TIME, seperti dikutip dalam Dezeen.com.

Hadid pun seperti menambahkan bahwa komentar seperti ini tampaknya tidak akan muncul jika arsitek yang merancangnya bukan dia, melainkan seorang laki-laki.

"Jujur saja, tidak akan muncul komentar ini jika seorang laki-laki yang melaksanakan proyek ini...." Sayangnya, Hadid tidak menyelesaikan kalimat tersebut.

Dalam jagat maya, komentar mengenai karya Hadid ini memang berhamburan. Stadion yang akan menjadi pusat perhatian pada Piala Dunia 2022 mendatang sudah mulai terkenal pada 2013.

Stadion dengan 40.000 tempat duduk tersebut sebenarnya ditujukan agar mirip dengan kapal pemancing Arab.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X