Sstt... Beginilah Stadion Termegah Piala Dunia 2022 di Qatar!

Kompas.com - 20/11/2013, 11:07 WIB
Dalam rencana penyelesaiannya, stadion ini akan memiliki kapasitas kotor 40.000 penonton. Dengan bentuk integrasi modular, konstruksinya sudah disiapkan dan akan dimulai pembangunannya pada 2014 mendatang.
www.designboom.comDalam rencana penyelesaiannya, stadion ini akan memiliki kapasitas kotor 40.000 penonton. Dengan bentuk integrasi modular, konstruksinya sudah disiapkan dan akan dimulai pembangunannya pada 2014 mendatang.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Arsitek ternama Zaha Hadid akan merancang satu dari lima stadion yang akan digunakan untuk pertandingan Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar. Di bawah pengawasan Komite Tertinggi Qatar, Hadid membuat rancangan stadion itu dengan skema yang mengacu pada rupa ikan dan laut sebagai warisan khas Al Wakrah, lokasi stadion tersebut.

Terletak hanya 15 kilometer sebelah selatan dari Doha, Al Wakrah dikenal sebagai pelabuhan komersial dan pintu gerbang ke ibu kota negara. Untuk itulah, Stadion Al Wakrah ini akan menjadi bagian dari pengembangan megah sekitar 585.000 m2.

Dalam rencana penyelesaiannya, stadion ini akan memiliki kapasitas kotor 40.000 penonton. Dengan bentuk integrasi modular, konstruksinya sudah disiapkan dan akan dimulai pembangunannya pada 2014 mendatang.

www.designboom.com Terletak hanya 15 kilometer sebelah selatan dari Doha, Al Wakrah dikenal sebagai pelabuhan komersial dan pintu gerbang ke ibukota negara. Untuk itulah, Stadion Al Wakrah ini yang akan menjadi bagian dari pengembangan megah sekitar 585.000 m2.
Sekretaris Jenderal Komite Tertinggi Qatar 2022, Hassan al Thawadi, mengatakan bahwa pengumuman hari ini tentang rencana pembangunan stadion megah tersebut merupakan yang pertama dilakukan pihaknya. Menurutnya, hal ini merupakan inisiatif yang lebih maju sebagai fase awal dari janji-janji yang dibuat komite kepada FIFA dan komunitas sepak bola internasional. 

"Kami bangga mengungkapkan apa yang kita yakini sebagai desain stadion yang benar-benar unik. Dan daerah sekitarnya akan melayani penduduk dunia dan bertindak sebagai komunitas sosial sebagai komunitas Al Wakrah, dan Qatar secara keseluruhan," ujar Hasan.

www.designboom.com Saat ini, Al Wakrah adalah stadion pertama dari enam stadion yang sudah memasuki tahap terakhir dari proses desain.
"Selama Piala Dunia 2022 nanti stadion ini akan mencerminkan perspektif budaya yang sangat modern, futuristik, dan fungsional. Tapi, yang paling penting, kami tetap setia pada warisan Qatar dengan desain dan bahan terinspirasi oleh perahu dhow tradisional kami," tambahnya.

Saat ini, Al Wakrah adalah stadion pertama dari enam stadion yang sudah memasuki tahap terakhir dari proses desain. Komite Tertinggi Qatar telah menerbitkan sepuluh tender proyek besar ini, yang beberapa di antaranya meliputi pemasaran, desain, serta konsultan stadion.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X