Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Percaya Diri dengan Warna Rumah Anda?

Kompas.com - 17/11/2013, 12:09 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com -  Saat ini, informasi sangat mudah Anda dapatkan. Lewat internet, Anda bisa mengetahui apa pun hanya dalam hitungan menit. Begitu juga ketika Anda menghimpun informasi mengenai warna yang tepat untuk interior rumah.

Dengan menggunakan informasi tersebut, sebenarnya pemilik rumah bisa menentukan warna cat yang tepat. Hanya, pemilik rumah terkadang kurang percaya diri dan tidak punya visi yang jelas terhadap rumah mereka. Apakah hal itu juga terjadi pada Anda?

Kontributor Houzz Becky Harris mengatakan bahwa sebetulnya Anda bisa menghubungi konsultan warna ketika bingung menentukan pilihan warna cat. Karena itu, hal pertama bisa Anda lakukan sebelum mengecat rumah adalah meminta pendapat profesional, seperti interior dekorator, atau konsultan warna.

www.houzz.com Temukanlah warna yang mampu bertahan selama bertahun-tahun. Anda mungkin akan memilih warna-warna netral bagi ruang keluarga, ruang tamu, atau dapur.
Anda juga bisa meminta pendapat tukang cat, kontraktor, dan arsitek yang tengah bekerja di rumah Anda. Mereka tentu punya rekomendasi menarik. Bahkan, pegawai toko cat pun bisa membantu Anda.

Seperti dikutip dari Houzz, Mary Nolte dari Kaleidoscope Color Consulting mengatakan bahwa seorang klien konsultan warna adalah seseorang yang telah mengambil 10 strip warna ke toko cat, punya tumpukan contoh warna, sudah mengecat sampel warna di dinding, namun tidak dapat menentukan keinginan mereka.

Berdasarkan pendapat Nolte, sebenarnya masing-masing orang sudah punya pilihannya sendiri. Anda, sebagai pemilik rumah, sudah tahu warna yang Anda suka dan warna-warna furnitur di dalam rumah. Bahkan, Anda pun akan diminta mendeskripsikan hal ini pada dekorator yang Anda pekerjakan.

www.houzz.com Jangan terlalu mudah mempercayai sampel warna yang dicetak di atas kertas atau plastik, terutama untuk cat eksterior. Daya resap cat pada kayu, batu bata, dan bahan-bahan lainnya akan berbeda dengan sampel warna yang dicetak pada lembaran kertas.
"Menyediakan sesuatu, seperti selembar kain atau sebuah karpet untuk memulai pekerjaan akan memberikan saya arahan yang baik dan dapat memulai proses jauh lebih cepat," ujar Nolte.

Jadi, tanpa bantuan profesional sekali pun, Anda bisa memulai proses pemilihan cat dengan mempertimbangkan warna-warna perabot, warna kesukaan Anda, serta nuansa yang ingin Anda ciptakan dalam ruangan tersebut. Dalam proses ini, Anda juga bisa mempertimbangkan selera dan kebutuhan keluarga Anda.

Temukanlah warna yang mampu bertahan selama bertahun-tahun. Anda mungkin akan memilih warna-warna netral bagi ruang keluarga, ruang tamu, atau dapur. Namun, hal yang berbeda umumnya dilakukan para orangtua ketika mewarnai kamar bayi. Warna-warna seperti merah muda atau oranye mungkin mampu merangsang daya imajinasi bayi Anda.

Namun, ada baiknya Anda tetap memilih warna-warna lembut bagi dinding kamar dan menggunakan ornamen serta pelengkap untuk memunculkan warna-warna mencolok. Misalnya dengan menggunakan karpet berwarna merah muda, hiasan gantung, atau selimut.

Selain itu, ingatlah untuk tidak terburu-buru memilih warna. Cobalah mengecat satu dinding yang terkena sinar matahari. Saksikan bagaimana warna tersebut berubah dari waktu ke waktu ketika terkena sinar matahari dan sinar buatan dari lampu. Jika Anda menyukainya, Anda bisa mulai mengecat bagian lain dengan warna tersebut.

www.houzz.com Anda mungkin akan memilih warna-warna netral bagi ruang keluarga, ruang tamu, atau dapur. Namun, hal yang berbeda umumnya dilakukan para orangtua ketika mewarnai kamar bayi. Warna-warna seperti merah muda atau oranye mungkin mampu merangsang daya imajinasi bayi Anda.
Pun, jangan terlalu mudah mempercayai sampel warna yang dicetak di atas kertas atau plastik, terutama untuk cat eksterior. Daya resap cat pada kayu, batu bata, dan bahan-bahan lainnya akan berbeda dengan sampel warna yang dicetak pada lembaran kertas. Selain itu, jangan lupa pertimbangkan juga warna lis yang menghiasi perbatasan antara dinding dan plafon.

Selamat mewarnai dinding Anda!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com