Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Tempat Duduk Multifungsi!

Kompas.com - 14/11/2013, 10:17 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - MVRDV baru saja mengantongi izin membangun tempat duduk penonton pertandingan tenis di rumah klub  yang ada di pulau buatan IJburk, sebelah timur Amsterdam, Belanda. Bukan sekadar tempat duduk, melainkan area yang bisa menampung hingga 200 orang penonton pertandingan tenis yang berisi ruang loker, dapur, dan fasilitas penyimpanan. Semua ini terangkum dalam bangunan seluas 200 meter persegi.
 
www.designboom.com Bangunan serba merah yang dirancang oleh MVRDV tersebut ditujukkan sebagai titik pertemuan bagi siapa pun, dan usia berapa pun. Bangunan ini bisa diakses setiap hari selama setahun.
Bangunan serba merah yang dirancang oleh MVRDV tersebut ditujukkan sebagai titik pertemuan bagi siapa pun, dan usia berapa pun. Bangunan ini bisa diakses setiap hari selama setahun. Artinya, tidak hanya tempat duduk di luar bangunan. Ruang-ruang yang ada di bawahnya pun bisa dimanfaatkan untuk menggelar berbagai macam acara.
 
www.designboom.com Bangunan ini dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian pertama adalah dek observasi. Di bawahnya, bangunan berisi ruang loker, dapur, dan fasilitas penyimpanan tersebut dilengkapi dengan kaca panjang yang membuat cahaya matahari bisa masuk ke dalam.
Bangunan ini dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian pertama adalah dek observasi.  Di bawahnya, bangunan berisi ruang loker, dapur, dan fasilitas penyimpanan tersebut dilengkapi dengan kaca panjang yang membuat cahaya matahari bisa masuk ke dalam. Orang-orang di dalamnya tidak hanya bisa menikmati cahaya matahari, namun juga bisa menikmati pemandangan danau. Untuk menyempurnakan desain, seluruh struktur beton bangunan ini dilapisi dengan EPDM polimer berwarna dan bertekstur sama dengan lapangan tenis di dekatnya. 
 
www.designboom.com Untuk menyempurnakan desain, seluruh struktur beton bangunan ini dilapisi dengan EPDM polimer berwarna dan bertekstur sama dengan lapangan tenis di dekatnya.
Skema bangunan tersebut dibuat seefisien mungkin, Material yang digunakannya diharapkan mampu menahan panas di dalam untuk menghadapi musim dingin dan menjaga udara tetap sejuk pada musim panas. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sistem ventilasi alami pada bangunan tersebut.
 
Rencananya, bangunan tersebut akan rampung pada musim panas tahun depan. Anda berkesempatan ke Belanda musim panas mendatang? Jangan lupa kunjungi dan buktikan uniknya desain MVRDV di sana!
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com