Bangun Fasilitas Umum, Publik Harus Dilibatkan!

Kompas.com - 13/11/2013, 17:32 WIB
New Central Library di Calgary, terbentuk berdasarkan masukan dan kritikan dari publik setempat. istimewaNew Central Library di Calgary, terbentuk berdasarkan masukan dan kritikan dari publik setempat.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - DIALOG dan Snøhetta merupakan dua nama yang akhirnya terpilih dari daftar pendek kantor arsitektur untuk mendesain perpustakaan pusat baru untuk Kota Calgary, Kanada. Mereka mendesain setelah menerima masukan dan kritikan dari publik setempat.

Tidak sekadar menjadi landmark, perpustakaan dengan luas 2,6 hektar (280.000 kaki persegi) tersebut pun akan memperkuat kehidupan masyarakat East Village, jantung kota Calgary.

 
Setelah rampung pada 2018 mendatang, perpustakaan ini akan melayani lebih dari 140.000 pekerja dan pelajar setiap harinya. "Orang-orang Calgary merespon dengan antusias, gairah, dan rasa bangga," ujar Ketua Dewan Perpustakaan Publik Calgary (Calgary Public Library Board Chair) Janet Hutchinson. 
 
Hutchinson menambahkan, dengan jelas, mereka melihat perpustakaan sebagai bagian penting untuk melengkapi komunitas. Masukan kolektif mereka bisa menjadi sumber inspirasi yang kaya bagi tim proyek ini.

Rupanya, Dewan Perpustakaan Publik Calgary sudah melakukan proses yang melibatkan publik setempat selama enam bulan belakangan. Masyarakat pun mengambil bagian dalam proses tersebut dan tidak tinggal diam. Secara vokal, masyarakat mengutarakan kebutuhan serta keinginan mereka, terutama menyangkut perpustakaan nasional baru tersebut. 

 
Perpustakaan pusat yang baru tersebut akan didesain dengan banyak ruang-ruang fleksibel. Masing-masing ruang didesain fleksibel, khusus, dan berorientasi pada komunitas. Bangunan perpustakaan tersebut pun 66 persen lebih besar dari rata-rata perpustakaan lokal.
 
Nantinya, gedung perpustakaan tersebut akan memiliki multi fasad dan menjadi tujuan rekreasi keluarga. Di tempat ini, keluarga-keluarga setempat tidak hanya bisa membaca buku, namun juga berkumpul. Di dalamnya, akan ada 600.000 koleksi buku, program istimewa, ruang bagi anak-anak dan remaja, laboratorium inovasi, pengembangan kemampuan, dan berbagai fasilitas lainnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X