Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneka Cara "Menyembunyikan" Tempat Tidur di Rumah Mungil Anda!

Kompas.com - 07/11/2013, 16:35 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Pemilik rumah di Jepang sudah secara turun-temurun "menyembunyikan" alas tidur mereka ketika tidak digunakan. Kini, para pemilik apartemen di seluruh dunia juga melakukan hal serupa. Saat tidak digunakan, tempat tidur mereka bisa disembunyikan dalam lemari atau diangkat ke plafon.

Cara-cara "menyembunyikan" tersebut memang membuat area kamar tidur bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lain di siang hari. Tengok apa yang sudah dilakukan Vincent Kartheiser, aktor dalam film seri Mad Men ini. Kartheiser membuat tempat tidurnya dapat diangkat mendekati plafon. Dengan cara ini, ruangan bisa terasa luas di siang hari.

Sebenarnya, Kartheiser tidak melakukannya sendirian. Dia mendapat bantuan dari desainer Funn Roberts. Roberts itulah yang mendesain kembali hunian milik Kartheiser.

"Apa yang sering terjadi di dalam hubungan kami adalah saya datang ke Funn dengan sebuah ide dan dia membuatnya menjadi sesuatu yang dapat digunakan dalam hidup," ujar Kartheiser.

www.gizmodo.com Tempat tidur ini secara permanen
Untuk mewujudkan idenya, Funn memberi pemberat pada tempat tidur tersebut dengan beban hingga 136 kg (300 pound). Jika ingin digunakan, Kartheiser hanya perlu menarik tempat tidur tersebut. Sebuah meja kayu yang terbuat dari redwood di bawah tempat tidurnya seketika "berubah" fungsi menjadi headboard.

Hal yang sama juga dilakukan pada sebuah apartemen di London. Bedanya, jika tempat tidur milik Kartheiser bisa ditarik dan kembali didorong mendekati plafon, tempat tidur ini secara permanen "melayang" mendekati plafon. Tempat tidur tersebut digantung agar bagian bawahnya bisa digunakan untuk keperluan lain.

www.gizmodo.com Lebih istimewa lagi, ternyata plafon di atas tempat tidur ini ditutup dengan kaca bening. Di siang hari, pemiliknya bisa berjemur sembari tiduran dan menikmati hangatnya sinar matahari.
Lebih istimewa lagi, ternyata plafon di atas tempat tidur ini ditutup dengan kaca bening. Di siang hari, pemiliknya bisa berjemur sembari tiduran dan menikmati hangatnya sinar matahari.

Namun, jika konsep "menggantung" tempat tidur bukan pilihan yang menyenangkan, Anda juga bisa menyimpan tempat tidur di dalam laci. Hal ini seperti dilakukan Anthony Gill Architects dari Australia yang mendesain interior apartemen seluas 38m2.

Di apartemen ini, Anthony Gill Architects menggabungkan tempat tidur dengan lemari. Solusi ini cocok bagi Anda yang tidak nyaman tidur di ketinggian.

Nah, Anda lebih tertarik cara yang mana?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com