Kompas.com - 29/10/2013, 16:20 WIB
STC stop Sound Transmission Class merupakan nilai tunggal indikasi satuan suara yang dapat ditahan atau dikurangi oleh perantara, dalam hal ini papan gipsum, dari sumber suara di satu ruang sampai diterima di ruang sebelahnya. www.houzz.comSTC stop Sound Transmission Class merupakan nilai tunggal indikasi satuan suara yang dapat ditahan atau dikurangi oleh perantara, dalam hal ini papan gipsum, dari sumber suara di satu ruang sampai diterima di ruang sebelahnya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Suara bising dari luar kamar bisa sangat mengganggu. Untuk menangkal gangguan tersebut, PT Petrojaya Boral Plasterboard menawarkan solusi baru berupa papan gipsum dengan banyak keuntungan, terutama sebagai penangkal bising.

PM Technical Board PT Petrojaya Boral Plasterboard Donny Libra dan Technical Manager PT Petrojaya Boral Plasterboard Indra Budi Wibowo mengenalkan produk baru tersebut di Jakarta, Selasa (29/10/2013). Produk bernama Soundstop tersebut merupakan papan gipsum terbaru yang mampu meredam suara. Dengan menggunakan papan gipsum tersebut sebagai partisi, suara bising dari luar ruangan tidak akan terdengar di dalam ruangan.

"Secara resmi, kita baru akan luncurkan pada November mendatang. Sekarang dalam tahap pengenalan," kata Donny kepada Kompas.com.

Donny mengatakan, beberapa gedung, seperti hotel, rumah sakit, dan apartemen, memiliki standar kekedapan suara dari satu kamar ke kamar lain. Standar tersebut sangat ketat, terutama hotel bintang empat dan bintang lima.

"Menggunakan papan gipsum Soundstop yang mampu mengeblok suara dari satu ruangan ke ruangan lain," ujarnya.

www.shutterstock.com Sistem pertama memiliki dua lapis Soundstop 12mm, single stud, dengan insulasi. Tebal partisi ini mencapai 148 mm dan nilai STC-nya mencapai 50. Sementara, sistem kedua memiliki ketebalan papan gipsum dan partisi yang sama, namun menggunakan insulasi dan nilai STC-nya mencapai 56.
Saat ini, karena kemampuannya menahan bising dari luar ruangan, hampir lengkap koleksi produk gipsum Boral Indonesia. Sebelum ini, Boral juga sudah mengenalkan papan gipsum tahan api, papan gipsum khusus wet area, serta papan gipsum yang mampu meminimalkan gema di dalam ruangan dengan nama Jayabell. Sementara produk terbaru ini pun, lanjut Donny, sudah digunakan untuk hotel-hotel berbintang di Jakarta.

"Saat ini sudah sampai tahap finishing," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, apa bedanya papan gipsum ini dengan papan gipsum standar? Donny menuturkan, papan gipsum standar atau papan gipsum yang tidak memiliki fitur tambahan memiliki beberapa pilihan ukuran ketebalan. Papan gipsum tersebut biasanya tersedia dalam ukuran 9 mm dan 12 mm. Sementara papan Soundstop memiliki ketebalan 12 mm dengan densitas lebih tinggi dari papan gipsum standar.

"Dengan fitur ini, kemampuan papan gipsum tersebut mengeblok suara jadi lebih baik. Papan gipsum standar setebal 12 mm biasanya mampu menahan 45 STC, sementara Soundstop bisa mencapai 50 STC," ujar Donny.

STC stop Sound Transmission Class merupakan nilai tunggal indikasi satuan suara yang dapat ditahan atau dikurangi oleh perantara, dalam hal ini papan gipsum, dari sumber suara di satu ruang sampai diterima di ruang sebelahnya. Sebagai perbandingan, dengan kekuatan mencapai 42 STC saja, percakapan di luar ruangan tidak lagi dapat dimengerti. Sementara Soundstop mampu mencapai 50 STC.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X