Awas, Kebanyakan Corak Malah Membuat "Tabrakan"!

Kompas.com - 24/10/2013, 13:50 WIB
Pertama, tentukan palet warna yang akan Anda gunakan secara keseluruhan. Sebelum memutuskan corak seperti apa yang akan Anda gunakan, sebaiknya menentukan terlebih dahulu warnanya. www.freshome.comPertama, tentukan palet warna yang akan Anda gunakan secara keseluruhan. Sebelum memutuskan corak seperti apa yang akan Anda gunakan, sebaiknya menentukan terlebih dahulu warnanya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Menggunakan warna solid untuk menghias interior rumah memang relatif mudah. Sesekali, Anda bisa menyertakan corak untuk membuat tampilan interior tidak terasa membosankan.

Namun, bagi penyuka corak, Anda tentu tidak ingin hanya menggunakan satu corak bagi seluruh bagian rumah. Sayangnya, menggunakan banyak corak cenderung membuat corak-corak tersebut saling bertabrakan. Berikut ini cara agar hal tersebut tidak terjadi: 

Pertama, tentukan palet warna yang akan Anda gunakan secara keseluruhan. Sebelum memutuskan corak seperti apa yang akan Anda gunakan, sebaiknya menentukan terlebih dahulu warnanya.

www.freshome.com Cobalah gunakan warna-warna yang memang Anda suka. Ada nuansa dingin dan hangat untuk setiap warna. Tentukan mana yang Anda inginkan. Kemudian, tentukan aksen berupa warna menonjol.
Cobalah gunakan warna-warna yang memang Anda suka. Ada nuansa dingin dan hangat untuk setiap warna. Tentukan mana yang Anda inginkan. Kemudian, tentukan aksen berupa warna menonjol.

Cara kedua, bagi Anda yang bingung menentukan palet warna, cobalah menggunakan warna putih sebagai salah satu warna pilihan penghias interior. Warna ini relatif mudah untuk dipasangkan pada corak maupun pada warna-warni lain. Anda juga bisa menggunakan warna netral sebagai dasar atau sebagai warna dinding di belakang lukisan atau karya seni berukuran besar.

Sekarang, tiba waktunya Anda memilih corak. Cobalah memilih corak dengan berbagai skala. Jangan selalu menggunakan corak berukuran besar atau berukuran kecil. Anda bisa memadukan keduanya.

www.freshome.com Jangan lupa, temukan corak yang benar-benar Anda suka, kemudian jadikan corak tersebut bagian dari dekor Anda. Jangan tutup diri Anda dengan membatasi pilihan corak. Bawalah corak-corak menarik dari perjalanan wisata Anda.
Ya, Anda bisa menggunakan corak berukuran besar pada gorden Anda. Kemudian, gunakan corak hampir serupa dengan ukuran yang lebih kecil pada bantal aksen dan beberapa barang lain di dalam ruangan tersebut.

Langkah selanjutnya adalah lebih berani dalam menggunakan warna dan corak. Warna-warna "berani" belum tentu membuat Anda pusing. Motif monokromatik kulit zebra yang tegas, misalnya, bisa Anda padukan dengan dinding abu-abu dan lantai coklat. 

Jangan lupa, temukan corak yang benar-benar Anda suka, kemudian jadikan corak tersebut bagian dari dekor Anda. Jangan tutup diri Anda dengan membatasi pilihan corak. Bawalah corak-corak menarik dari perjalanan wisata Anda.

www.freshome.com Jangan lupa, temukan corak yang benar-benar Anda suka, kemudian jadikan corak tersebut bagian dari dekor Anda. Jangan tutup diri Anda dengan membatasi pilihan corak. Bawalah corak-corak menarik dari perjalanan wisata Anda.
Cara lain menciptakan ruang yang tidak terlalu "menghantam" pandangan Anda adalah menggunakan beberapa nuansa dari warna yang sama. Misalnya, Anda menggunakan lantai kayu berwarna coklat tuan, karpet berwarna coklat, kemudian  menggunakan gorden berwarna coklat muda. Kemudian, pilihlah satu atau dua barang dengan corak yang begitu tegas. Buat ruangan lebih lembut dengan menggunakan beberapa motif lain yang lebih padat dan berukuran kecil.

Selamat bekerja!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X