Inikah Arah Baru "Perang Bintang" Gedung Pencakar Langit di Dunia?

Kompas.com - 17/10/2013, 10:44 WIB
Korea Selatan membangun gedung pencakar langit yang tidak sesuai cnn.comKorea Selatan membangun gedung pencakar langit yang tidak sesuai "pakem" gedung-gedung lain. Alih-alih mengejar ketinggian, Tower Infinity di Korea Selatan justeru hanya akan mengejar keunikan.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Korea Selatan membangun gedung pencakar langit yang tidak sesuai "pakem" gedung-gedung lain. Alih-alih mengejar ketinggian, Tower Infinity di Korea Selatan justru hanya akan mengejar keunikan.

Gedung didesain oleh GDS Architects asal Amerika Serikat setinggi 450 meter ini akan tampak "tembus pandang". Mungkinkah Tower Infinity tersebut menjadi titik tolak arah baru "perang bintang" gedung-gedung pencakar langit di dunia saat ini dan nanti?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memang, hal tersebut belum dapat dipastikan. Namun, reporter CNN Karla Cripps melaporkan, pembangunan gedung ini setidaknya bisa memicu imajinasi bagi pembangunan gedung-gedung pencakar langit pada generasi selanjutnya.

cnn.com Gedung ini akan memiliki fasad dari LED berteknologi tinggi. Sistem kamera akan menyokong fasad tersebut dan mengirimkan gambar pada permukaan reflektif gedung. Seketika, gedung akan menjadi
Sejauh ini, negara-negara maju dan berkembang di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia, bermimpi membuat gedung pencakar langit tertinggi. Pembangunan tersebut memiliki berbagai tujuan, mulai pengenalan negara yang bersangkutan pada dunia internasional hingga sekadar memenuhi kebutuhan ruang perkantoran.

Kembali mengenai Infinity Tower di Korea Selatan, gedung unik tersebut akan dibangun di luar kota Seoul, tak jauh dari Bandara Internasional Incheon. Selain didesain oleh GDS Architects, proyek yang belum diketahui target penyelesaiannya ini juga didukung oleh Korea Land & Housing Corporation. Korea Land & Housing Corporation bertindak sebagai penyedia lahan dan pembangun perumahan rakyat milik Pemerintah Korea Selatan.

www.dailymail.co.uk Memiliki tinggi 450 meter dengan struktur kaca, Infinity Tower akan menggunakan rangkaian pancahayaan light emitting diode (LED) dan kamera berteknologi untuk menghasilkan
Gedung ini akan memiliki fasad dari LED berteknologi tinggi. Sistem kamera akan menyokong fasad tersebut dan mengirimkan gambar pada permukaan reflektif gedung. Seketika, gedung akan menjadi "tidak kasatmata" dan "menghilang".

Itulah daya tarik utamanya, bukan pada ketinggiannya! Seperti dalam film-film fiksi sains, gedung ini akan memiliki sistem kamuflase. Ilusi dari 500 baris layar LED membuatnya tidak kasatmata.

Menurut CNN, pembangunan gedung tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ruang akan aktivitas rekreasi. Di dalam gedung ini akan dibuat balkon observasi, bioskop, roller coaster, taman air (waterpark), dan pusat makanan dan minuman.

www.dailymail.co.uk Memiliki tinggi 450 meter dengan struktur kaca, Infinity Tower akan menggunakan rangkaian pancahayaan light emitting diode (LED) dan kamera berteknologi untuk menghasilkan
Nah, kita tunggu saja pembangunan Infinity Tower tersebut, berikut gedung-gedung penirunya pada masa yang akan datang. Lantas, kita baru bisa menilai kemungkinan adanya arah baru "perang bintang" pembangunan pencakar langit.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.