Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Tak Menjamin Rumah Anda Nyaman!

Kompas.com - 17/10/2013, 10:20 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Membuat hunian baru agar terasa seperti tempat tinggal yang nyaman tidak hanya bergantung pada bentuk rumah, fasilitas mewah di dalamnya, atau dekorasi "wah" semata. Hunian akan terasa nyaman dan benar-benar menjadi "rumah" ketika pemiliknya menuangkan perhatian pada hunian tersebut.

Tak sulit, sebetulnya, dan uang bukan segalanya yang menjamin Anda bisa punya rumah nyaman. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini agar rumah terasa lebih "hidup" dan nyaman sebagai tempat tinggal:

Rasa aman

Pertama, tempat tinggal Anda tidak akan nyaman tanpa adanya rasa aman. Ganti kunci dan gembok rumah Anda dengan model dan merk yang Anda percaya. Bila perlu, pasang kamera pengaman, sensor gerak, atau perangkat keamanan canggih lainnya.

www.houzz.com Kelima, bila perlu, ganti switch lampu dan listrik di rumah Anda. Hal ini bisa dibarengi dengan pengecekan instalasi listrik secara menyeluruh. Hal ini juga berkaitan dengan keamanan Anda dan keluarga.
Rapi dan menyenangkan

Kedua, Anda akan sulit menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan yang berantakan. Segera rapikan dan bersihkan rumah baru Anda. Begitu juga dengan eksterior rumah Anda. Tidak ada salahnya menyambut tetangga Anda dengan taman yang rapi dan menyenangkan, bukan? Cara ini juga memudahkan penerimaan tetangga Anda atas kehadiran Anda.

Racun berbahaya

Ketiga, catlah dinding dan plafon Anda sebelum tinggal di rumah. Cara ini membuat Anda dan keluarga terhindar dari kemungkinan menghirup racun berbahaya cat dinding. Jika Anda menggunakan cat bebas toksin, Anda juga bisa mewarnai seluruh rumah dengan warna-warna netral. Baru setelah itu, seiring waktu Anda bisa menambahkan warna-warni lain.

Penyimpanan memadai

Keempat, pastikan Anda menyediakan tempat penyimpanan yang cukup. Lemari, kontainer, rak, dan berbagai tempat penyimpanan lain memang tampak sederhana. Namun, hunian belum bisa menjadi "rumah" yang berfungsi penuh jika Anda belum bisa menyimpan barang-barang pribadi Anda.

www.houzz.com Keenam, pasang gorden dan percantik jendela Anda. Bagi sebagian orang, hunian belum nyaman jika jendela masih tampak
Cek listrik

Kelima, bila perlu, ganti switch lampu dan listrik di rumah Anda. Hal ini bisa dibarengi dengan pengecekan instalasi listrik secara menyeluruh. Hal ini juga berkaitan dengan keamanan Anda dan keluarga.

Mengetahui bahwa rumah Anda bebas dari masalah listrik tentu membuat Anda lebih tenang. Jangan lupa juga membersihkan instalasi listrik, pompa, dab berbagai peralatan lainnya.

Percantik jendela

Keenam, pasang gorden dan percantik jendela Anda. Bagi sebagian orang, hunian belum nyaman jika jendela masih tampak "telanjang" tanpa gorden. Tidak perlu mahal. Anda bisa membuat sendiri atau dengan teliti mencari gorden cantik dengan harga "miring".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com