"Cermin Langit", Ketika Seni Rupa "Dijodohkan" dengan Sepak Bola

Kompas.com - 14/10/2013, 14:26 WIB
Patung cermin karya Anish Kapoor ini baru diresmikan Jumat (11/10/2013) lalu di stadion AT & T di Dallas, Amerika Serikat. Berbentuk lingkaran berdiameter 35 kaki dari baja, cermin raksasa ini mampu merefleksikan langit terbuka dan lalu lalang ratusan ribu penggemar sepak bola di stadion yang berdiri depan cermin itu. www.designboom.comPatung cermin karya Anish Kapoor ini baru diresmikan Jumat (11/10/2013) lalu di stadion AT & T di Dallas, Amerika Serikat. Berbentuk lingkaran berdiameter 35 kaki dari baja, cermin raksasa ini mampu merefleksikan langit terbuka dan lalu lalang ratusan ribu penggemar sepak bola di stadion yang berdiri depan cermin itu.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Inilah cermin raksasa yang mampu dengan leluasa memantulkan langit! Salah satu patung cermin karya Anish Kapoor ini baru diresmikan Jumat (11/10/2013) lalu di stadion AT & T di Dallas, Amerika Serikat.

Berbentuk lingkaran berdiameter 35 kaki dari baja, cermin langit (Sky Mirror) ini mampu merefleksikan langit terbuka dan lalu lalang ratusan ribu penggemar sepak bola di stadion yang berdiri di depan cermin itu. Karya seni yang dibuat dengan investasi 10 juta dollar AS atau sekitar Rp 114 miliar ini bisa berdiri kokoh ditopang oleh dudukan dari granit hitam.

"Ketika datang tawaran tentang penggabungan seni rupa dengan stadion sepak bola, saya ingin mengatakan bahwa ini adalah ide asli," ujar Jerry Jones, pemilik klub sepak bola Dallas Cowboys.

www.anishkapoor.com Variasi estetika perkotaan dan seni kontemporer akan selalu hadir
Variasi estetika perkotaan dan seni kontemporer akan selalu hadir "sesuka hati" di cermin raksasa ini. Cermin yang mampu membawa langit dengan permukaan mulus dan tak terputus garis apa pun.

Dengan berat 23 ton, patung cermin dengan penopang baja ini akan memberikan pemandangan berubah-ubah setiap hari. Inilah yang disebut oleh Kapoor sebagai pemandangan "non-obyek" yang muncul pada cermin karya monumentalnya ini.

www.anishkapoor.com Dengan berat 23 ton, patung cermin dengan penopang baja ini akan memberikan pemandangan berubah-ubah setiap hari. Inilah yang disebut oleh Kapoor sebagai pemandangan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.