Cermat Membeli Sofa Tidur

Kompas.com - 14/10/2013, 07:33 WIB

KOMPAS.com - Sofa tidur bisa menjadi jawaban yang tepat jika teman atau kerabat Anda sering menghabiskan malam di rumah. Dengan memiliki furnitur multifungsi ini, Anda pun tidak perlu membangun sebuah kamar tamu khusus. Seketika, ruang tamu bisa "disulap" menjadi kamar tamu. Hanya, ada berbagai jenis sofa tidur dari berbagai harga dan model berbeda.

Cermatlah membeli sofa tidur dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini!

Pertama, tanyakan pada diri Anda sendiri seberapa perlu memiliki sofa tidur. Sofa tidur impor dengan pelapis poliester dan seprei katun harganya bisa mencapai sekitar Rp 10 juta. Tentu, ada berbagai jenis lain dengan harga lebih murah. Namun, jika Anda merasa tidak terlalu memerlukannya, belum terlambat untuk mencoret furnitur ini dari daftar belanja.

Pasalnya, harga rata-rata sofa tidur lebih mahal dari sofa biasa. Untuk menekan pengeluaran, Anda bisa berinvestasi pada matras tipis dan menaruh matras (atau bisa juga menggunakan busa karet) tersebut pada sofa jika ada kerabat menginap.

Kedua, jika Anda sudah memantapkan diri untuk membeli sofa tidur maka harus menentukan ukuran yang tepat. Ukur tinggi dan lebar sofa tersebut. Jangan sampai, pintu rumah Anda tidak bisa digunakan untuk memasukkan sofa tersebut.

Ketiga, pilihlah matrasnya. Setidaknya ada tiga tipe matras bagi sofa tidur. Tipe ini tidak sesolid matras biasa lantaran mampu dilipat. Biasanya, ketiga jenis tersebut adalah matras dengan innerspring, memory foam, dan matras air-coil.

Keempat, cobalah sofa tersebut sebelum membeli. Sama seperti membeli tempat tidur, jangan malu mencobanya di toko. Duduk, bersandar, tiduran, dan habiskan setidaknya beberapa menit di sofa tersebut. Cobalah nikmati sofa tidur agar tidak menyesal di kemudian hari. Ingat juga untuk mencoba sofa tidur dalam keadaan sempurna (terbuka, menyerupai tempat tidur) dan dalam keadaan terlipat.

Kelima, jangan terburu-buru. Jika Anda sudah tahu ada keluarga yang ingin menginap di rumah Anda sejak sebulan atau dua bulan sebelumnya, segeralah mencari sofa tidur secepatnya. Jangan menunggu hingga saat-saat terakhir. Pilihan Anda akan sangat terbatas dan pilihan tersebut akan didasarkan pada keterpaksaan.

Terakhir, ketika sudah membeli sofa tidur ingatkan anak-anak Anda untuk berhati-hati. Mekanisme sofa tidur berbeda dengan sofa biasa. Anak Anda bisa terjepit jika bermain-main dengan sofa ini tanpa pengawasan orang tua. Kasus ini pernah terjadi di New York, Amerika Serikat.



Sumber Houzz.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X