Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Interior, Kesan Pertama adalah Segalanya!

Kompas.com - 13/10/2013, 13:40 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Fasad memang bukan segalanya dalam karya arsitektur. Namun, kesan pertama mampu mempengaruhi pandangan dan penilaian terhadap suatu karya.

Fasad (tampilan muka) sebuah bangunan, landmark, dan fasilitas umum terbukti sangat berpengaruh. Salah satu contohnya, tengoklah restoran Rayén Vegano di jalan Lope de Vega, Madrid berikut ini.

Rayen Vegano merupakan sebuah restoran vegetarian. Eksterior restoran ini memiliki dinding berwarna abu-abu yang terkesan dingin. Memang, mudah sekali melewatkan restoran ini tanpa memalingkan wajah dua kali sebelum akhirnya sekelompok seniman campur tangan dalam penampilan restoran tersebut.

Di tangan Eleni Karpatsi, Susana Piquer, dan Julio Calvo yang tergabung dalam (fos),
Rayen Vegano tampak menarik. Ternyata, (fos) menghias eksterior restoran ini dalam rangka festival desain, DecorAcción, di Madrid pada 19 hingga 22 September 2013 lalu.

www.freshome.com Tak heran, kelompok ini menampilkan sebuah instalasi berupa pemasangan lakban berwarna kuning dan pengaplikasian cat dengan warna serupa untuk menghias bagian depan Rayen Vegano. Lakban dan cat tersebut seolah-olah tampil seperti cahaya lampu di depan restoran.
Memang, jalan-jalan di Madrid selalu penuh dengan pertunjukan kebudayaan, pesta, dan berbagai kegiatan menarik. Di kota ini, Anda memiliki berjuta kemungkinan berpapasan dengan karya-karya unik. Di tangan (fos), Rayen Vegano menjadi salah satunya.

Dalam bahasa Yunani, "fos" berarti cahaya, sementara dalam bahasa Katalan, "fos" berarti meleleh. Tak heran, kelompok ini menampilkan sebuah instalasi berupa pemasangan lakban berwarna kuning dan pengaplikasian cat dengan warna serupa untuk menghias bagian depan Rayen Vegano. Lakban dan cat tersebut seolah-olah tampil seperti cahaya lampu di depan restoran.

www.freshome.com Selain lakban dan cat kuning pada permukaan dinding, (fos) juga menempatkan lukisan, kursi, meja, dan kursi kecil yang sebagian telah diwarnai dengan warna kuning. Mereka juga menempatkan lima nanas untuk mempercantik eksterior restoran ini.
Selain lakban dan cat kuning pada permukaan dinding, (fos) juga menempatkan lukisan, kursi, meja, dan kursi kecil yang sebagian telah diwarnai dengan warna kuning. Mereka juga menempatkan lima nanas untuk mempercantik eksterior restoran ini.

Kelompok tersebut membuat ilusi cahaya, sebuah permainan visual antara perspektif dan volume berwarna. Tidak hanya bagian vertikal, permukaan horizontal di depan restoran ini pun diberikan hiasan berwarna kuning mencolok. Inilah instalasi apik, meski sederhana, dan praktis yang mampu membuat pejalan kaki memalingkan muka menuju restoran ini, bahkan berhenti dan mengambil foto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com