Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Perlu PIN dan Sidik Jari Masuki Gudang Anggur Ini!

Kompas.com - 12/10/2013, 08:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Membangun apartemen, hotel, vila mewah bahkan pencakar langit tertinggi di dunia, mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana jika sebuah pengembang mendirikan fasilitas penyimpanan anggur paling besar di Asia Tenggara? Jarang terjadi, sejatinya.

Nah, CWT Group, melalui CWT Logistic, bakal membangun "ketidakbiasaan" itu melalui investasi sebesar 160,4 juta dollar AS atau setara Rp 1,8 triliun. Gudang anggur akan mereka dirikan dengan luas bangunan 66.890 meter persegi. 

Fasilitas penyimpanan anggur ini dapat menampung sebanyak lebih dari 10 juta botol anggur. Gudang ini dirancang sebagai tempat yang memberikan kondisi penyimpanan optimal bagi anggur-anggur yang disimpan di dalamnya. Direncanakan akan dibuka pada kuartal kedua 2014.

Gudang anggur ini merupakan jawaban atas kelangkaan tempat penyimpanan anggur yang representatif. Kalau pun ada, harga sewanya selangit. Padahal, Singapura termasuk salah satu negara dengan kolektor anggur terbanyak. Mereka terpaksa mengirim koleksi anggur-anggurnya ke London yang dikenal memiliki ruang anggur yang tepat. Nah, apakah ini akan menjadi tren di kemudian hari?

Wine Vault ini mencakup wilayah utama penyimpanan dan daerah yang terpisah, bernama Drôme, yang difungsikan sebagai gudang dan dapat disesuaikan dengan selera pribadi klien. Sebuah sistem pemantauan akan memungkinkan klien untuk melacak persediaan dan melakukan pembayaran dari lokasi terpencil.

Selain kontrol suhu dan pembatasan penetrasi "cahaya alami", dan lemari besi dilengkapi  protokol dan proses keamanan ketat, yang biasanya berhubungan dengan lembaga keuangan, akan berlaku di sini. Tak sembarang orang bisa masuk ke ruang utama. Petugas pun bakal dibatasi.

Bahkan akses ke daerah Drôme akan membutuhkan verifikasi ganda kartu identitas untuk klien dan petugas gudang anggur melalui nomor pin pribadi dan pengakuan sidik jari.

Segala fasilitas eksklusif ini bisa Anda dapatkan lengkap dengan bar dan klub khusus pria untuk sekadar mencicipi anggur dan membuat acara selebrasi. Di sini juga terdapat ruang makan pribadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com