Kompas.com - 12/10/2013, 00:58 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com — Berbagai konsep kamar mandi menawarkan solusi dekorasi berbeda pada ruang tersebut. Jika konsep kamar mandi adalah kamar mandi kering, Anda bisa menggunakan wallpaper sebagai penutup dinding. Hal ini juga bisa Anda lakukan jika ingin memisahkan area "basah" (seperti area pancuran) dengan meja untuk berdandan.

Berikut ini beberapa ide untuk menghias dinding kamar mandi Anda.

Pertama, tentukan tujuan Anda. Jika ingin membuat kamar mandi tampak lebih besar, pilihlah wallpaper dengan pola kecil-kecil berwarna cerah. Jangan lupa, gunakan juga wallpaper yang tahan terpapar air. Bila perlu, berikan dua lapis pernis akrilik pada permukaan wallpaper untuk menghindarinya dari kelembaban.

Kedua, buatlah dinding aksen. Jika belum berani menutupi seluruh dinding kamar mandi dengan wallpaper, membuat dinding aksen bisa menjadi solusi yang cermat. Pilihlah satu dinding sebagai dinding aksen dan warnai dinding lain dengan warna solid.

Ketiga, ambillah risiko dengan menggunakan pola mencolok. Kamar mandi merupakan satu-satunya ruang di dalam rumah Anda yang minim furnitur. Maka dari itu, Anda bisa mengeksplorasi berbagai kemungkinan dengan menggunakan wallpaper bercorak tanpa perlu membuat ruang tersebut terasa penuh sesak. Hanya saja, jika Anda ingin membuat tampilan sederhana, hindari wallpaper berwarna mencolok dan bercorak ramai.

Keempat, gunakan wallpaper yang mengilap untuk membawa lebih banyak cahaya dalam kamar mandi Anda. Cara ini ampuh membuat kamar mandi tanpa jendela terasa lebih terang. Cahaya lampu dapat terpantul ke seluruh bagian kamar mandi.

Kelima, jangan takut bereksperimen! Coba hias wallpaper di area untuk berdandan dengan pernik-pernik atau stiker khusus dinding. Coba juga menutup plafon dengan wallpaper.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.