Mulai Serius... Apple Patenkan Desain Tangga Spiralnya di China!

Kompas.com - 11/10/2013, 16:51 WIB
Paten yang dimiliki Apple untuk tangga kaca spiral di Shanghai ini termasuk desain, metode konstruksi, dan material tangga. Kaca dan dekorasi penuh warna putih tangga itu memang menjadi ciri khas gerai penjual produk Apple di seluruh dunia. www.archdaily.comPaten yang dimiliki Apple untuk tangga kaca spiral di Shanghai ini termasuk desain, metode konstruksi, dan material tangga. Kaca dan dekorasi penuh warna putih tangga itu memang menjadi ciri khas gerai penjual produk Apple di seluruh dunia.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Lewat paten yang resmi dimilikinya itu, kini nama besar Apple juga mulai dikenal di dunia arsitektur, menyusul pada Selasa (1/10/2013) lalu Apple resmi mematenkan tangga kaca berbentuk spiral. Tangga unik tersebut menjadi jalan masuk menuju gerai Apple di Shanghai.

Seperti dilansir www.mashable.com, paten yang dimiliki Apple untuk tangga kaca spiral di Shanghai ini termasuk desain, metode konstruksi, dan material tangga. Kaca dan dekorasi penuh warna putih tangga itu memang menjadi ciri khas gerai penjual produk Apple di seluruh dunia.

Desain tersebut semula merupakan hasil kerja sama antara Apple Inc dengan Eight Inc, sebuah studio desain yang dimotori oleh Tim Kobe. Awalnya, desain toko Apple yang begitu terang mendapat komentar buruk dari berbagai pihak. Namun, kini desain tersebut justru menjadi sangat populer sehingga Apple perlu mematenkannya.

Gerai yang ada di Shanghai ini terbilang cukup istimewa. Toko ini berada di bawah permukaan tanah. Pengunjung harus menggunakan tangga kaca melingkar untuk bisa melihat dan mencoba berbagai produk Apple yang tersedia. 

Pijakan-pijakan kaca diatur sedemikian rupa hingga memutari silinder kaca di tengahnya. Hal ini, menurut Mashable.com, memecah kebiasaan penggunaan teknik arsitektur konvensional. Hasilnya, Apple memiliki gerai atau toko-toko istimewa di seluruh dunia.

Ternyata, itu bukan pertama kalinya Apple mencoba mendapatkan paten atas desain tokonya. Pada 2011 lalu, perusahaan teknologi raksasa ini mencoba mematenkan desain tokonya di Fifth Avenue, Kota New York, Amerika Serikat. Toko tersebut memiliki jalan masuk berupa bangunan persegi yang sepenuhnya terbuat dari kaca.

Tak jauh berbeda, toko milik perusahaan ini di Broadway, New York, juga tampil hampir serupa dengan banyak kaca pada permukaannya. Mudah ditebak, perusahaan ini tampaknya senang menggunakan kaca sebagai ciri khas toko-tokonya.

Meski tidak ada lagi pihak yang secara legal boleh mereproduksi tangga kaca spiral ini, tidak berarti tangga ini akan menjadi satu-satunya tangga kaca spiral di dunia. Apple Inc juga sudah menyatakan bahwa pada masa yang akan datang perusahaan tersebut akan membuat toko-toko dengan tangga serupa sebagai salah satu fitur menariknya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X