Pusing dengan Suara Bising? Cek Trik Kreatif Ini...

Kompas.com - 10/10/2013, 07:20 WIB
Suara bising bisa diakali dengan kaca tebal, penggunaan karpet, dan trik sederhana lainnya. www.remodelista.comSuara bising bisa diakali dengan kaca tebal, penggunaan karpet, dan trik sederhana lainnya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com — Masalah yang dihadapi penduduk kota tidak hanya polusi udara. Polusi suara juga merupakan salah satu masalah berat, terutama jika hunian berada di pinggir jalan. Suara bising knalpot dan mesin mobil bisa mengganggu istirahat atau kegiatan sehari-hari. 

Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda bisa membangun rumah berdinding beton yang tebal, membuat "penyaring" suara di halaman depan, atau menanam banyak tanaman rimbun. Namun, jika hal-hal ini mustahil dilakukan, masih ada yang bisa dilakukan.
 
Pertama, Anda harus mengetahui barang-barang atau material seperti apa yang mampu menyerap suara. Kemudian, manfaatkanlah material tersebut dengan cara yang kreatif. Misalnya, gunakan papan gabus atau kain tebal sebagai penutup dinding dan plafon. Anda juga bisa membuat kanopi di atas tempat tidur.
 
Kedua, penuhi rumah Anda dengan bahan-bahan empuk dan menyenangkan. Buat semua permukaan rumah lebih nyaman dengan karpet. Jangan biarkan lantai rumah kosong begitu saja. Tutup dengan karpet tebal untuk mengurangi kebisingan.
 
Ketiga, hindari penggunaan sepatu di dalam rumah. Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau kos-kosan, Anda juga bisa meminta tetangga untuk melakukan hal yang sama. Cara ini bisa meminimalisasi suara bising, terutama dari derit lantai di dalam rumah dan di ruang-ruang lain di sekitarnya.
 
Keempat, gunakan gorden-gorden tebal pada jendela. Gorden ini tidak hanya berfungsi menghindari masuknya sinar matahari ke dalam rumah, tetapi juga polusi suara. Selain itu, Anda juga bisa menambah keheningan dengan menggunakan pelapis kaca yang cukup tebal. Semakin tebal pelapis kaca, semakin kuat pula perlindungan rumah terhadap bising.
 
Kelima, investasikan uang pada headphone atau earplug berkualitas tinggi untuk menjaga Anda tidur dengan tenang. Anda juga bisa memanfaatkan white noise untuk menangkal polusi suara dan bahkan menyembuhkan insomnia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X