Kompas.com - 27/09/2013, 16:11 WIB
Gedung Koin Keberuntungan ini sudah memasuki tahap penyelesaian konstruksi. reutersGedung Koin Keberuntungan ini sudah memasuki tahap penyelesaian konstruksi.
|
EditorHilda B Alexander
GUANGZHOU, KOMPAS.com — Sebagai konsekuensi melesatnya pertumbuhan ekonomi China, semua hal yang tidak mungkin pasti terjadi dan dibangun. Termasuk di dalamnya, proyek-proyek berskala akbar. Mulai dari stadion "Bird Nest" yang membuat publik berdecak kagum, hingga pencakar langit dengan desain arsitektural yang provokatif seperti gedung surat kabar milik pemerintah, People's Daily.

Betapa tidak provokatif, desain gedung People's Daily mirip alat kelamin pria. Walhasil, bangunan ini pun kemudian menjadi bahan olokan, cibiran, dan bahkan tertawaan masyarakat dunia. Gedung People's Daily hanya satu dari sekian banyak properti dengan bentuk unik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gedung lain yang tak kalah unik adalah Guangzhou Yuan. Sesuai dengan nama resminya yang mengacu pada valuta Negara Panda, Guangzhou Yuan juga dijuluki "Copper Coin Building". Lokasinya berada di tepi Sungai Pearl, Guangzhou.

Konstruksinya sudah mencapai tahap akhir dan beberapa minggu lagi akan resmi beroperasi. "Coin Building" menelan dana pembangunan sekitar 159 juta dollar AS (Rp 1,8 triliun). Kendati mendapat cemoohan dari masyarakat modern China di jejaring media sosial, pembangunan gedung ini berangkat dari filosofi tradisi budaya setempat. 

Bentuk koin dipilih karena mengasosiasikan keberuntungan dan nasib baik. Terlebih lagi, lokasinya di pinggir sungai, yang menurut kepercayaan masyarakat Kanton berarti segala sesuatunya berakhir baik dan sejahtera.

Lepas dari filosofi dan keyakinan, Guangzhou Yuan memiliki ketinggian 138 meter dengan median berupa lubang di bagian tengahnya selebar 47 meter. Menurut kepala proyek, Wang Zhanshan, gedung ini akan menjadi tengara yang sulit dilupakan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.