Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Apostrophy Housing"... Beginilah Merespons Hunian Ideal di Tengah Kota!

Kompas.com - 27/09/2013, 11:43 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com — Saat ini firma arsitek Apostrophy tengah mengeksplorasi apa yang disebut
dengan hunian standar "hidup di tengah kota". Upaya percobaan ini dilakukan di tengah isu keterbatasan lahan, kesulitas akses, serta konsep hunian yang berkesinambungan di masa depan.

www.designboom.com Lantai pertama hunian ini didesain untuk mengakomodasi kebutuhan para lansia atau kaum difabel yang kemungkinan mengalami kesulitan jika harus menggunakan anak-anak tangga di rumah
Dibangun di lahan seluas 97 meter persegi, prototip hunian tersebut merupakan hunian dengan konsep multiguna. Isinya meliputi dua lantai utama, dua lantai mezzanine, serta sebuah area hijau.

www.designboom.com Di ruang keluarga, sebuah
Lantai pertama hunian ini didesain untuk mengakomodasi kebutuhan para lansia atau kaum difabel yang kemungkinan mengalami kesulitan jika harus menggunakan anak-anak tangga di rumah. Untuk itulah, lantai ini juga dilengkapi dengan rute ke ruang makan dan dapur yang ramah untuk individu pengguna kursi roda.

www.designboom.com Salah satu dinding eksteriornya diidam-idamkan akan menjadi dinding hijau. Nantinya, dinding interior di kedua sisinya akan dihias dengan tumbuhan seperti halnya menyiapkan lahan menanam yang bisa untuk mengembangbiakkan tanaman mungil seperti tanaman rempah atau obat.
Di ruang keluarga, sebuah "area mengambang" bisa dilihat dari atas ruangan. Ruangan ini bisa diubah menjadi ruang penyimpanan atau area duduk santai, tergantung keinginan dan kebutuhan pemiliknya.

www.designboom.com Lantai pertama hunian ini didesain untuk mengakomodasi kebutuhan para lansia atau kaum difabel yang kemungkinan mengalami kesulitan jika harus menggunakan anak-anak tangga di rumah. Untuk itulah, lantai ini juga dilengkapi dengan rute ke ruang makan dan dapur yang ramah untuk individu pengguna kursi roda.
Salah satu dinding eksteriornya diidam-idamkan akan menjadi dinding hijau. Nantinya, dinding interior di kedua sisinya akan dihias dengan tumbuhan seperti halnya menyiapkan lahan menanam yang bisa untuk mengembangbiakkan tanaman mungil seperti tanaman rempah atau obat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com