Kompas.com - 26/09/2013, 17:02 WIB
Setelah memenuhi berbagai kebutuhan teknis, Anda bisa mulai berkonsentrasi mendekorasi interior rumah. Tentukan hal-hal yang Anda sukai lebih dulu, terutama jika menyangkut gaya dekorasi. www.houzz.comSetelah memenuhi berbagai kebutuhan teknis, Anda bisa mulai berkonsentrasi mendekorasi interior rumah. Tentukan hal-hal yang Anda sukai lebih dulu, terutama jika menyangkut gaya dekorasi.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Kepindahan ke rumah baru memang dapat menjadi awal yang segar bagi keluarga Anda. Namun, kadang ada sisi negatifnya, terutama jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan sesegera mungkin setelah sampai di rumah baru. Berikut ini beberapa hal sebaiknya dipenuhi setelah pindah ke rumah baru.

Secara teknis, ada beberapa hal harus Anda penuhi pertama kali setelah tiba di rumah baru. Misalnya, Anda harus memastikan penggantian alamat Anda diketahui oleh bank, kartu kredit, televisi, atau majalah langganan Anda. Setelah itu, ketahui di mana sekring listrik dan kenob untuk mematikan dan menyalakan pasokan air di rumah Anda.

www.houzz.com Selain menentukan hal yang Anda suka, tentukan juga sejauh mana kemampuan finansial Anda untuk mendekor. Jangan paksakan segera mendekorasi seluruh rumah dalam satu waktu, terutama jika anggarannya memang belum tersedia. Anda bisa memulainya bagian per bagian.
Untuk barang-barang yang harus Anda beli pertama kali, belilah obat-obatan dan perangkat pertolongan pertama. Selain itu, jangan lupa membuat Anda dan keluarga Anda familiar dengan lingkungan sekitar rumah. Bila perlu, jangan lupa segera memasang alarm di rumah Anda untuk menjamin keamanan dari pencuri atau dari api.

Setelah memenuhi berbagai kebutuhan teknis, Anda bisa mulai berkonsentrasi mendekorasi interior rumah. Tentukan hal-hal yang Anda sukai lebih dulu, terutama jika menyangkut gaya dekorasi.

Menurut staf editorial Houzz.com Fred Albert, banyak orang tidak mengetahui gaya dekorasi yang mereka sukai. Sebenarnya, bukannya mereka benar-benar tidak tahu. Menurut Albert, kebanyakan orang hanya tidak mengerti cara membahasakan kesukaan mereka.

www.houzz.com Setelah memenuhi berbagai kebutuhan teknis, Anda bisa mulai berkonsentrasi mendekorasi interior rumah. Tentukan hal-hal yang Anda sukai lebih dulu, terutama jika menyangkut gaya dekorasi.
Selain menentukan hal yang Anda suka, tentukan juga sejauh mana kemampuan finansial Anda untuk mendekor. Jangan paksakan segera mendekorasi seluruh rumah dalam satu waktu, terutama jika anggarannya memang belum tersedia. Anda bisa memulainya bagian per bagian.

Selanjutnya, buatlah rencana tata ruang dalam rumah Anda. Anda bisa melakukannya dengan coretan sederhana, menggunakan program komputer, atau bahkan menggunakan program yang tersedia di internet. Jangan lupa, pilihlah nuansa warna yang sesuai untuk interior rumah Anda.

"Beberapa orang mengatakan bahwa Anda seharusnya memilih palet warna dari warna lantai Anda. Orang lain memulai dari karya seni yang dipakang di ruangan tersebut. Saya menyarankan memulai dengan benda-benda yang paling Anda sukai," ujar Albert.

"Jika itu karpet, gunakan palet warna berdasarkan karpet tersebut. Jika itu karya seni atau bahkan baju yang Anda suka, biarkan benda-benda tersebut mendikte dekorasi Anda. Jika Anda benar-benar jatuh cinta pada warna kuning, mulailah dari sana," tambahnya. 

Setelah menemukan palet warna yang tepat, Anda bisa mulai mengembangkan dekorasi dari palet warna tersebut, termasuk mengecat. Mengecat dinding adalah cara paling mudah dan murah untuk memberikan nuansa personal pada suatu ruangan. Meski pun Anda memilih warna putih, pilihlah putih dengan nuansa yang paling menggambarkan keinginan Anda pada ruangan tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X