Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lho, Pindah ke Rumah Baru Malah Bingung?

Kompas.com - 26/09/2013, 17:02 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Kepindahan ke rumah baru memang dapat menjadi awal yang segar bagi keluarga Anda. Namun, kadang ada sisi negatifnya, terutama jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan sesegera mungkin setelah sampai di rumah baru. Berikut ini beberapa hal sebaiknya dipenuhi setelah pindah ke rumah baru.

Secara teknis, ada beberapa hal harus Anda penuhi pertama kali setelah tiba di rumah baru. Misalnya, Anda harus memastikan penggantian alamat Anda diketahui oleh bank, kartu kredit, televisi, atau majalah langganan Anda. Setelah itu, ketahui di mana sekring listrik dan kenob untuk mematikan dan menyalakan pasokan air di rumah Anda.

www.houzz.com Selain menentukan hal yang Anda suka, tentukan juga sejauh mana kemampuan finansial Anda untuk mendekor. Jangan paksakan segera mendekorasi seluruh rumah dalam satu waktu, terutama jika anggarannya memang belum tersedia. Anda bisa memulainya bagian per bagian.
Untuk barang-barang yang harus Anda beli pertama kali, belilah obat-obatan dan perangkat pertolongan pertama. Selain itu, jangan lupa membuat Anda dan keluarga Anda familiar dengan lingkungan sekitar rumah. Bila perlu, jangan lupa segera memasang alarm di rumah Anda untuk menjamin keamanan dari pencuri atau dari api.

Setelah memenuhi berbagai kebutuhan teknis, Anda bisa mulai berkonsentrasi mendekorasi interior rumah. Tentukan hal-hal yang Anda sukai lebih dulu, terutama jika menyangkut gaya dekorasi.

Menurut staf editorial Houzz.com Fred Albert, banyak orang tidak mengetahui gaya dekorasi yang mereka sukai. Sebenarnya, bukannya mereka benar-benar tidak tahu. Menurut Albert, kebanyakan orang hanya tidak mengerti cara membahasakan kesukaan mereka.

www.houzz.com Setelah memenuhi berbagai kebutuhan teknis, Anda bisa mulai berkonsentrasi mendekorasi interior rumah. Tentukan hal-hal yang Anda sukai lebih dulu, terutama jika menyangkut gaya dekorasi.
Selain menentukan hal yang Anda suka, tentukan juga sejauh mana kemampuan finansial Anda untuk mendekor. Jangan paksakan segera mendekorasi seluruh rumah dalam satu waktu, terutama jika anggarannya memang belum tersedia. Anda bisa memulainya bagian per bagian.

Selanjutnya, buatlah rencana tata ruang dalam rumah Anda. Anda bisa melakukannya dengan coretan sederhana, menggunakan program komputer, atau bahkan menggunakan program yang tersedia di internet. Jangan lupa, pilihlah nuansa warna yang sesuai untuk interior rumah Anda.

"Beberapa orang mengatakan bahwa Anda seharusnya memilih palet warna dari warna lantai Anda. Orang lain memulai dari karya seni yang dipakang di ruangan tersebut. Saya menyarankan memulai dengan benda-benda yang paling Anda sukai," ujar Albert.

"Jika itu karpet, gunakan palet warna berdasarkan karpet tersebut. Jika itu karya seni atau bahkan baju yang Anda suka, biarkan benda-benda tersebut mendikte dekorasi Anda. Jika Anda benar-benar jatuh cinta pada warna kuning, mulailah dari sana," tambahnya. 

Setelah menemukan palet warna yang tepat, Anda bisa mulai mengembangkan dekorasi dari palet warna tersebut, termasuk mengecat. Mengecat dinding adalah cara paling mudah dan murah untuk memberikan nuansa personal pada suatu ruangan. Meski pun Anda memilih warna putih, pilihlah putih dengan nuansa yang paling menggambarkan keinginan Anda pada ruangan tersebut.

Anda butuh furnitur baru, misalnya sofa, meja makan, atau tempat tidur? Pastikan, Anda mengetahui ukuran rumah sebelum "berburu" benda-benda tersebut.

Setelah mengetahui ukuran rumah, bawa serta meteran untuk memastikan Anda membeli durnitur dengan ukuran yang tepat. Kemudian, belilah furnitur yang berkualitas baik. Furnitur berwarna netral dapat menjadi pilihan investasi yang tepat. Terutama, jika Anda senang mengganti gaya dekorasi.

Perlu diingat, bahwa memilih furnitur berkualitas baik tidak berarti harus memilih furnitur mahal. Trik terpenting adalah mencampur barang-barang murah di antara barang mahal.

Anda bisa memotong banyak biaya dengan menggunakan cermin, bantal, atau lampu-lampu cukup murah dari toko-toko barang rumah tangga. Anda juga bisa menggunakan benda-benda yang sebelumnya sudah dimililki. Anda tidak harus membeli barang baru ketika pindah rumah.

Selamat mendekor dan menjalani "hidup baru" Anda!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com