Depok, "Surga" bagi Pasangan Muda?

Kompas.com - 23/09/2013, 10:33 WIB
Jalur Margonda antara Margo City dan Depok Town Square, sekitar tengah hari Sabtu (21/9/2013). Tabitha/C22Jalur Margonda antara Margo City dan Depok Town Square, sekitar tengah hari Sabtu (21/9/2013).
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Ternyata, Depok tidak termasuk dalam lima lokasi favorit lokasi perumahan di Jabodetabek yang banyak dicari oleh pengunjung secara online. Demikian diungkapkan Sales Manager Rumah123.com Meddy H Papinka kepada KOMPAS.com, Jumat (20/9/2013) sore di Jakarta.

Meddy mengungkapkan, para pengunjung situsnya justru mencari rumah di daerah Bintaro, BSD, Cibubur, Harapan Indah, dan Gading Serpong. Namun, ia tidak memungkiri bahwa Kota Depok masih termasuk dalam sepuluh besar lokasi sekitar Jakarta yang dicari pengunjung situs.

Berbeda dengan data yang dipaparkan Meddy, seorang broker dan pengembang perseorangan di Depok, Yudi, mengaku bahwa beberapa area di Depok tidak hanya banyak dicari oleh pelanggannya, tetapi juga ideal untuk ditempati, terlebih bagi pasangan muda.

"Tinggal di Depok enak. Udaranya masih bagus, air bagus, tidak banjir. Depok masih banyak sawah," ujar Yudi.

Namun, ditanyakan mengenai kemungkinan area Depok mengalami masalah banjir di masa depan lantaran sistem drainase yang tidak direncanakan dengan baik, Yudi enggan memberikan pendapatnya.

Kuantitas tak melambangkan kualitas

Tidak mudah menilai cocok-tidaknya sebuah kota bagi pasangan muda. Namun, berdasarkan pantauan KOMPAS.com, Sabtu (21/9/2013) siang di ruas Jalan Margonda Raya, kota ini memang memiliki banyak keluarga muda. Pada tengah hari, hampir setiap menit ada satu keluarga muda yang masuk ke pusat belanja seperti Margo City dan Depok Town Square.

Namun, jika indikatornya terdiri dari ketersediaan hunian dan fasilitas pendukung seperti transportasi umum, sekolah, rumah sakit, kantor administrasi, pusat jajanan, dan pusat perbelanjaan, tampak dengan jelas bahwa semua fasilitas tersebut memang ada. Hanya saja, semua itu terpusat di lokasi-lokasi tertentu, terutama di Jalan Margonda Raya tersebut.

Setidaknya, pernyataan Yudi bahwa Depok merupakan "surga" bagi pasangan muda memiliki salah satu indikator konkret. Menurut pengakuan Yudi, saat ini Depok menyediakan ratusan rumah-rumah mungil baru bertipe 36/90. Rumah semacam ini cocok bagi keluarga baru, yang baru menikah atau hanya memiliki satu anak.

"Harganya antara Rp 400 juta sampai Rp 500 juta untuk rumah-rumah 36/90. Kalau mau yang dua lantai, harganya sekitar Rp 800 juta sampai Rp 900 juta. Tapi, tanahnya juga hanya 90 m2. Rumahnya saja yang tingkat," ujarnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X