Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Langkah Sederhana Membuat Taman Rendah Biaya

Kompas.com - 23/09/2013, 10:24 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Houzz.com
KOMPAS.com - Memiliki rumah dengan eksterior dan interior modern minimalis dapat dilengkapi pula dengan taman bergaya serupa. Selain tampak segar, bisa serasi dengan desain rumah.

Sayangnya, proses membuat sesuatu yang tampak sederhana seperti taman minimalis ini justru rumit dan tenaga profesional membutuhkan banyak biaya. Karena itu, lakukan saja beberapa "aturan" berikut ini untuk membuat taman sendiri.

 
Pertama, tentukan "batasan". "Batasan" yang dimaksud bukan hanya membuat pagar, namun juga penggunaan warna, material, dan tanaman. Kedua "pembatas" ini penting. Pasalnya, membuat pagar pembatas di sekeliling taman minimalis akan menjaga citra minimalisnya. Gunakan dinding, pagar kayu, perpaduan seng dan kayu, atau tanaman seperti teh-tehan.

Sementara itu, mengenai "batasan" warna dan material, sebaiknya gunakan warna-warna netral. Batasan ini, tidak hanya memberi warna, juga menonjolkan warna alami berbagai material.

 
Jika memilih menonjolkan warna alami material, maka pemilihan material adalah salah satu langkah penting. Terlalu banyak memilih material akan memberikan berbagai warna dalam taman. Tentu, kesan ramai dari berbagai warna tidak cocok untuk taman minimalis. Contoh sederhana yang cukup mudah dilakukan adalah memadukan hijaunya rumput, warna abu-abu semen, serta cat dinding putih untuk taman Anda.
 
Kedua, pilihlah beberapa tanaman untuk taman Anda. Satu hal yang sebaiknya Anda ingat, jangan memilih terlalu banyak jenis tanaman. Pilihlah hanya tiga spesies tanaman. Soal jumlah masing-masing spesies, sesuaikan saja dengan ukuran taman. Anda bisa memilih tanaman apa pun, seperti Phormium 'Platt's Black', Ophiopogon planiscapus 'Nigrescens', Phyllostachys nigra untuk membawa warna hitam ke taman Anda,  Perovskia 'Blue Spire', Santolina chamaecyparissus, Artemesia 'Powis Castle' untuk warna abu-abu, dan Euphorbia schillingii, Euphorbia polychroma, Alchemilla mollis untuk warna hijau masam.
 
Ketiga, taman minimalis tidak berarti Anda harus menanam segalanya di atas tanah. Anda bisa memberikan dimensi dengan menanam di dalam pot yang memiliki ketinggian berbeda-beda.
 
Keempat, berikan aksen air mengalir untuk menambah keindahan serta kesegaran di taman Anda. Manfaatkan fitur ini untuk memberikan nuansa ketenangan dari bunyi kucuran air.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com