Pusat Budaya King Abdul Aziz, "Landmark" Mewah Terbaru di Arab Saudi

Kompas.com - 19/09/2013, 12:00 WIB
Berlokasi di Dhahran, Arab Saudi, gedung Pusat Budaya King Abdul Aziz dalam waktu dekat akan menjadi landmark bersejarah di negara itu. www.designboom.comBerlokasi di Dhahran, Arab Saudi, gedung Pusat Budaya King Abdul Aziz dalam waktu dekat akan menjadi landmark bersejarah di negara itu.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Berlokasi di Dhahran, Arab Saudi, gedung Pusat Budaya King Abdul Aziz dalam waktu dekat akan menjadi landmark bersejarah di negara itu. Gedung tersebut akan berdiri di lokasi pertama minyak ditemukan di Arab Saudi.

www.designboom.com Aspek formal dari segi arsitektur untuk bangunan ini sangat dipengaruhi kuat oleh kondisi geologi dan formasi tebing batu dan gurun khas Arab Saudi yang selama ini telah menyimpan banyak sumber-sumber energi.
Didesain oleh firma arsitektur Snohetta, area seluas 80.000 meter persegi gedung ini akan dipenuhi ruang-ruangan bertaraf internasional yang terintegrasi, meliputi ruang kearsipan,
perpustakaan, pusat pendidikan, empat galeri museum dan museum khusus anak-anak, kafe, serta toko suvenir. Semua ruangan ini dipersiapkan secara khusus untuk menjaring generasi muda dan meningkatkan kehadiran program-program inovatif di negara itu. 

www.designboom.com Didesain oleh firma arsitektur Snohetta, area seluas 80,000 meter persegi gedung ini akan dipenuhi ruang-ruangan bertaraf internasional yang terintegrasi, meliputi ruang kearsipan, perpustakaan, pusat pendidikan, empat galeri museum dan museum khusus anak-anak, kafe, serta toko suvenir.
Adapun aspek formal dari segi arsitektur untuk bangunan ini sangat dipengaruhi kuat oleh kondisi geologi dan formasi tebing batu dan gurun khas Arab Saudi yang selama ini telah menyimpan banyak sumber-sumber energi. Keseluruhan gedung ini akan diselimuti tabung baja sepanjang 300 kilometer.

Gedung utama sebagai pusat struktur bangunan ini disiapkan menjulang ke atas untuk dijadikan sebagai Menara Pengetahuan. Bentuknya yang unik itu diapit oleh formasi dua pegunungan di kedua sisi masing-masing.

www.designboom.com Adapun aspek formal dari segi arsitektur untuk bangunan ini sangat dipengaruhi kuat oleh kondisi geologi dan formasi tebing batu dan gurun khas Arab Saudi yang selama ini telah menyimpan banyak sumber-sumber energi.
Sampai saat ini, pelaksanaan pembangunan gedung pusat budaya ini baru mencapai 47 persen. Nantinya, Pusat Budaya King Abdul Aziz ini akan menjadi pendorong semangat dan upaya Arab Saudi yang tengah fokus pada pembangunan budaya kreatif.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X