Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Apa yang Tepat untuk Rumah Anda?

Kompas.com - 18/09/2013, 11:27 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat begitu banyak warna yang bisa dipilih untuk mempercantik rumah Anda. Tentunya, Anda tidak dapat menggunakan semua warna tersebut. Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini untuk memilih warna tepat bagi rumah Anda, baik untuk mewarnai dinding dan memilih warna furnitur Anda.

Alam

Pertama, gunakan alam sebagai inspirasi Anda. Cobalah menghabiskan waktu dengan berkeliling area rumah Anda.

Anda juga bisa mengunjungi kebun binatang, taman, atau galeri untuk melihar warna-warna unik yang telah dipersembahkan alam bagi manusia. Terjemahkan warna yang Anda temui tersebut pada cart dinding, bahan, dan berbagai karya seni.

Pemandangan

Kedua, periksa pemandangan di luar rumah Anda. Bagi ruangan berjendela, pemandangan menjadi salah satu unsur penting dalam mendekor ruangan tersebut. Biarkan pemandangan "mendikte" palet warna di dalam ruangan. Umumnya, warna-warna netral seperti putih mampu menonjolkan pemandangan di luar ruangan.

www.houzz.com Ketiga, cobalah menyapukan satu warna cat pada sebagian kecil dinding Anda yang sudah berwarna putih. Dengan cara ini, Anda bisa menilai apakah warna sampel tersebut cocok dengan ruangan Anda.
Satu warna

Ketiga, cobalah menyapukan satu warna cat pada sebagian kecil dinding Anda yang sudah berwarna putih. Dengan cara ini, Anda bisa menilai apakah warna sampel tersebut cocok dengan ruangan Anda. Anda juga bisa membuat papan sampel untuk memudahkan Anda. Dengan papan ini, Anda bisa dengan mudah memindahkannya ke ruangan yang Anda inginkan.

Bahan kesukaan

Keempat, mulailah dengan berbagai bahan yang Anda suka di ruangan tersebut. Misalnya, Anda sangat menyukai bahan seprai atau sofa yang ada di kamar. Gunakan warna bahan tersebut untuk menentukan nuansa perabot dan hiasan di kamar Anda.

Anda juga bisa menggunakan lukisan yang sangat Anda suka sebagai titik tolak dalam mendesain ruangan tersebut. PIlihlah cat, perabotan, dan ornamen yang mampu menunjang lukisan tersebut.

www.houzz.com Terdapat begitu banyak warna yang bisa dipilih untuk mempercantik rumah Anda. Tentunya, Anda tidak dapat menggunakan semua warna tersebut.
Lokasi

Kelima, jangan lupa mempertimbangkan lokasi rumah Anda. Misalnya, Anda tinggal di daerah pengunungan yang sejuk. Tidak ada salahnya mendekor interior rumah dengan nuansa yang sama: biru dari air sungai di sekeliling rumah dan coklat dari pepohonan. Cara ini membuat Anda merasa tengah berada di "rumah", baik di dalam maupun di luar ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com