Catat, Cara Efektif Bekerja Produktif di Rumah!

Kompas.com - 16/09/2013, 12:37 WIB
Bekerja di rumah akan sama produktifnya dengan di kantor bila beberapa hal Anda perhatikan secara ketat dan pasti. Seperti pemisahan area, jadwal, dan target. www.decoist.comBekerja di rumah akan sama produktifnya dengan di kantor bila beberapa hal Anda perhatikan secara ketat dan pasti. Seperti pemisahan area, jadwal, dan target.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
www.decoist.com Buatlah pembatas antara area bekerja dan area rumah, baik dalam bentuk sekat dan ruangan, maupun dalam bentuk psikologis. Usahakan
www.decoist.com Jangan lupa, pastikan ruang kerja Anda menerima sinar matahari yang cukup, memiliki peralatan lengkap untuk menunjang pekerjaan, serta perabotan nyaman untuk bekerja.
www.decoist.com Buatlah jadwal pribadi dan tetap
KOMPAS.com - Bekerja dari pukul delapan pagi hingga lima sore, sejak Senin sampai Jumat bisa menjadi sangat menjemukan. Inilah yang harus dihadapi para karyawan sehari-hari. Namun begitu, beberapa bidang pekerjaan lainnya memungkinkan proses kerja yang lebih fleksibel. Pekerjaan pun dapat dilakukan di rumah.

Mereka yang berprofesi sebagai pengusaha, pemilik usaha kecil, dan seniman dapat mengerjakan tugas-tugasnya di rumah. Jika Anda salah satu dari mereka, lakukan ketiga hal ini untuk membuat Anda tetap produktif meski bekerja dari rumah.

Pertama, buatlah pembatas antara area bekerja dan area rumah, baik dalam bentuk sekat dan ruangan, maupun dalam bentuk psikologis. Usahakan "kantor" pribadi Anda ini bebas dari anak dan binatang peliharaan. Setelah selesai bekerja, keluarlah dari "kantor" Anda dan kembali ke rumah. Jangan mencampuradukkan dua fungsi ruangan ini.

Jangan lupa, pastikan ruang kerja Anda menerima sinar matahari yang cukup, memiliki peralatan lengkap untuk menunjang pekerjaan, serta perabotan nyaman untuk bekerja. Bekerja di rumah, sama halnya dengan bertanggung jawab atas semua keperluan Anda sendiri. Pisahkan area "kantor" dan pastikan Anda memiliki segala hal yang dibutuhkan untuk bekerja di ruangan tersebut.

Kedua, buatlah jadwal pribadi dan tetap "patuh" pada jadwal tersebut. Berada di rumah membuat Anda jauh lebih santai dan merasa bisa "menyambi" mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci baju dan perlengkapan makan. Padahal, Anda tetap butuh berkonsentrasi.

Buatlah jadwal dan tetapkan tenggat waktu pekerjaan. Bila perlu, pantau perkembangan pekerjaan setiap jam agar selesai tepat pada waktunya. Sediakan papan tulis berukuran besar untuk menulis jadwal dan tenggat waktu pekerjaan. Anda juga bisa menggunakan media lain, seperti papan empuk untuk menempel kertas-kertas dengan paku payung atau bahkan monitor besar untuk memantau jadwal tersebut.

Ketiga, buatlah dekorasi yang tetap tampak profesional. Meski Anda berada di rumah, tidak ada salahnya membuat dekorasi ruang kerja tetap tampil seperti "ruang kantor". Semakin mirip ruang kerja di rumah dengan ruang kantor, Anda "terpaksa" merasa tengah berada di kantor dan mencurahkan perhatian pada pekerjaan. Dengan cara ini, lebih banyak pekerjaan bisa Anda selesaikan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X