Membagi Ruang Tak Harus dengan Partisi

Kompas.com - 14/09/2013, 16:58 WIB
Karpet berukuran besar, atau yang sering disebut dengan www.houzz.comKarpet berukuran besar, atau yang sering disebut dengan "area rugs" dapat menyatukan sekumpulan furnitur.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Karpet berukuran besar, atau yang sering disebut dengan "area rugs" dapat menyatukan sekumpulan furnitur. Karpet jenis ini menjadi "pembagi" yang ideal dalam ruangan berkonsep terbuka. Karpet tidak akan memblokade ruangan secara visual.

Agar konsep terbuka itu terwujud, pilihlah karpet yang sesuai dengan kesatuan desain. Perhatikan betul-betul tujuan mendekorasi ruangan agar terpilih karpet dengan jenis, warna, tekstur, dan ukuran yang tepat.

Berikut ini beberapa tips untuk memilih "area rugs" yang selaras di rumah Anda.

Pertama, jika ruangan yang ingin "dibagi" oleh "area rugs" berukuran cukup besar, tentu Anda membutuhkan beberapa karpet. Melihat gambaran yang lebih besar dan menimbang bagaimana karpet-karpet tersebut dapat tampil selaras di dalam satu ruangan secara bersamaan, penting dalam mendekor ruangan seperti ini. Solusi termudah adalah memilih karpet-karpet serupa.

Karpet-karpet dengan warna, corak, dan material serupa dalam satu ruangan, menciptakan pemisahan beberapa area, namun tetap menjaga keselarasan dalam ruangan tersebut. Gunakan solusi ini untuk membagi ruangan besar namun dengan area-area terpisah yang memiliki fungsi serupa. Misalnya, ruang tamu yang tergabung dengan ruang keluarga. Ruangan besar tersebut secara garis besar memiliki fungsi yang sama. Memiliki beberapa area duduk dapat dibuat dengan memanfaatkan dua hingga tiga "area rugs" yang masing-masing berfungsi untuk membuat "kumpulan furnitur" tersendiri.

Cara kedua, sebaliknya. Gunakan beberapa "area rugs" yang memiliki karakter cukup jauh berbeda. Cara ini tepat digunakan untuk membagi dua area yang memiliki fungsi berbeda. Misalnya, untuk memisahkan area ruang makan dan ruang keluarga. Agar karpet-karpet tersebut dapat tampil dengan serasi, pastikan Anda menggunakan nuansa warna yang sama.

Anda bisa memilih karpet dengan berbagai corak. Namun, jauh lebih mudah menggunakan karpet tanpa corak. Dengan cara ini, Anda hanya perlu memilih dua warna yang tampil serasi. Usahakan memilih warna netral untuk salah satu karpet. Penggunaan warna netral juga memungkinkan Anda menggunakan beberapa karpet dengan material berbeda.

Selain karpet tanpa corak, karpet dengan corak bernuansa Oriental juga relatif mudah "dipasangkan" dengan karpet lain. Alasannya sederhana, umumnya karpet bercorak Oriental menggunakan nuansa warna yang tidak jauh berbeda dan coraknya pun begitu mendetil hingga antara satu karpet dengan karpet lainnya tidak tampak saling "tabrak".

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X