Wang Jianlin, Taipan Properti Terkaya di China

Kompas.com - 12/09/2013, 11:13 WIB
Wang (59) adalah pendiri perusahaan pengembang properti Dalian Wanda Group. Kekayaannya kini melampaui orang kaya nomor satu tahun lalu, Zong Qinghou, pemimpin perusahaan minuman terkemuka China Wahaha Group, meski kekayaan Zong tumbuh 44 persen. www.scmp.comWang (59) adalah pendiri perusahaan pengembang properti Dalian Wanda Group. Kekayaannya kini melampaui orang kaya nomor satu tahun lalu, Zong Qinghou, pemimpin perusahaan minuman terkemuka China Wahaha Group, meski kekayaan Zong tumbuh 44 persen.
Penulis Latief
|
EditorLatief
BEIJING, KOMPAS.com - Taipan real estat Wang Jianlin kini menjadi terkaya di China. Seperti dilansir Hurun Rich List yang dirilis Rabu (11/9/2013) di Beijing, kekayaan pribadi Wang Jianlin saat ini sebesar 135 miliar yuan atau 22 miliar dolar AS.

Wang (59) adalah pendiri perusahaan pengembang properti Dalian Wanda Group. Kekayaannya kini melampaui orang kaya nomor satu tahun lalu, Zong Qinghou, pemimpin perusahaan minuman terkemuka China Wahaha Group, meski kekayaan Zong tumbuh 44 persen.

Nama Wang melambung lewat pusat perbelanjaan. Ia diam-diam telah mengembangkan Wanda menjadi salah satu tuan tanah terbesar di dunia, dengan prospektif 17 juta meter persegi di bawah manajemennya pada akhir 2013.

Zong menduduki peringkat kedua dalam daftar orang terkaya dengan kekayaan 115 miliar yuan. Sementara saat ini ada tiga wajah baru di peringkat lima besar, dipimpin oleh Pony Ma berusia 42 tahun dari raksasa Internet Tencent di urutan ketiga dengan kekayaan 62 miliar yuan, pembuat kendaraan Wei Jianjun, 49, keempat dengan kekayaan 51,5 miliar yuan dan pengembang real estat berusia 32 tahun Yang Huiyan dengan kekayaan 51 miliar yuan.

Sekitar 23,5 persen dari 1.000 pengusaha China pada daftar orang terkaya membuat uang mereka di real estat. Ambang batas daftar adalah dua miliar yuan, hampir tiga kali lipat dari 2008. Rata-rata usia para miliarder dalam daftar adalah 52 dengan kekayaan rata-rata 6,4 miliar yuan, naik 18,5 persen tahun ke tahun.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X