Peralatan Masaknya Hangus? Gampang!

Kompas.com - 11/09/2013, 17:24 WIB
Ilustrasi. www.houzz.comIlustrasi.
EditorLatief
KOMPAS.com - Mungkin, Anda lupa mematikan api kompor hingga masakan menjadi hangus, bahkan panci untuk memasak pun berubah hitam. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau hangus dan bekas hangus pada peralatan masak di rumah Anda:

Jeruk nipis

Meskipun makanan yang hangus sudah dibuang, kadang-kadang baunya masih menebar ke seluruh rumah. Untuk menghilangkannya, ambil panci lalu isi dengan air dan beberapa irisan jeruk nipis/lemon. Rebus larutan ini sampai mendidih. Bau hangus di ruangan pun perlahan akan hilang.

www.shutterstock.com Meskipun makanan yang hangus sudah dibuang, kadang-kadang baunya masih menebar ke seluruh rumah. Untuk menghilangkannya, ambil panci lalu isi dengan air dan beberapa irisan jeruk nipis/lemon. Rebus larutan ini sampai mendidih. Bau hangus di ruangan pun perlahan akan hilang.
Sabun bubuk

Untuk membersihkan bekas hangus, taburi panci atau wajan dengan sabun bubuk agak banyak, lalu beri sedikit air. Masak air tersebut sampai mendidih. Setelah api dimatikan, diamkan air rebusan tetap dalam panci atau wajan selama beberapa jam. Biasanya sisa-sisa makanan hangus yang menempel akan lepas.

Rebusan air

Bisa juga dengan cara mengisi panci/wajan dengan air, garam, cuka atau jeruk nipis/lemon. Rebus air larutan tersebut sampai mendidih. Matikan kompor dan biarkan air rebusan tetap dalam panci atau wajan hingga menjadi dingin. Kemudian, cuci dengan sabun sambil digosok agak kuat. Bila panci atau wajan dilapisi dengan teflon, jangan menggosok terlalu kuat.

www.shutterstock.com Meskipun makanan yang hangus sudah dibuang, kadang-kadang baunya masih menebar ke seluruh rumah. Untuk menghilangkannya, ambil panci lalu isi dengan air dan beberapa irisan jeruk nipis/lemon. Rebus larutan ini sampai mendidih. Bau hangus di ruangan pun perlahan akan hilang.
Baking soda

Cara lain, isi panci atau wajan dengan air panas lalu tambahkan beberapa sendok baking soda . Rebus air larutan ini sampai kerak hangusnya lepas.

Irisan bawang

Bisa juga dengan merebus irisan bawang. Caranya, irisan-irisan bawang merah direbus dengan sedikit air. Tak lama kemudian, bagian yang hangus akan mengapung di permukaan air.

www.houzz.com Mulai sekarang, ada baiknya Anda semakin berhati-hati dalam memasak, terutama tidak lagi lupa mematikan kompor dan masakan serta peralatannya menjadi hangus.
Pirex

Noda hangus yang membandel pada pirex dapat dihilangkan dengan mengisi air hangat ditambah 1 sendok makan baking soda. Diamkan selama 1 jam. Setelah itu, cuci seperti biasa.

Kaporit

Cara lain, rendam pirex dalam air yang diberi kaporit selama 1 – 2 jam. Setelah itu, cuci seperti biasa.

Selamat mencoba! Mulai sekarang, ada baiknya Anda semakin berhati-hati dalam memasak, terutama tidak lagi lupa mematikan kompor dan masakan serta peralatannya menjadi hangus.

(K. Tatik Wardayati) 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X