Kompas.com - 10/09/2013, 13:22 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Sama seperti karya-karyanya yang lain, Blanc tidak semata memberi tanaman pada dinding vertikal. Seperti biasanya, dia selalu menyertakan keistimewaan di dalamnya.

Setelah menyertakan 7.600 tanaman dari 237 spesies berbeda pada salah satu dinding bangunan di Paris, kini Blanc membuat taman vertikal pada menara pencakar langit One Central Park di Sydney, Australia. Taman vertikal tersebut akan berada di menara One Central Park, dua menara residensial yang akan menjadi ikon di tengah pusat ritel Sydney, Australia.

www.dezeen.com Kali ini, Blanc akan menyertakan 190 jenis tanaman asli Australia dan 160 spesies tanaman eksotis. Ratusan spesies tanaman tersebut akan menutupi 50 persen permukaan bangunan. Dengan jumlah cukup signifikan itu, tanaman yang menempel pada permukaan One Central Park itu seolah-olah merupakan tanaman merambat dari taman, tak jauh dari kedua menara tersebut.
Menara karya Ateliers Jean Nouvel tersebut berisi 624 apartemen. Semuanya berada dalam gedung setinggi 116 meter dan 64,5 meter. Menara yang lebih pendek berkonsep mixed-use dan berisi apartemen, toko, kafe, restoran, dan kantor.

Menurut rencana, menara tersebut akan rampung pada Januari 2014. Saat itu, karya Blanc yang "menempel" padanya akan menjadi dinding "hidup" tertinggi di dunia.

"Bangunan ini, bersama dengan taman vertikal saya, akan menjadi pekerjaan arsitektural yang mengambang di udara, dengan tanaman bertumbuh pada dindingnya. Ini akan menciptakan hasil yang begitu istimewa dan menjadi hal baru bagi Sydney," ujar Blanc.

www.dezeen.com Sebelum berada di tangan Blanc, bangunan yang ada di sudut Rue d'Aboukir dan Rue des Petits-Carreaux di Deuxieme Arrondisement, Paris, ini tampak kosong. Fasad sisi bangunan tersebut hanya ditutupi beton-beton ekspos tanpa ornamen.
Kali ini, Blanc akan menyertakan 190 jenis tanaman asli Australia dan 160 spesies tanaman eksotis. Ratusan spesies tanaman tersebut akan menutupi 50 persen permukaan bangunan. Dengan jumlah cukup signifikan itu, tanaman yang menempel pada permukaan One Central Park itu seolah-olah merupakan tanaman merambat dari taman, tak jauh dari kedua menara tersebut.

Tentu, pembangunan taman vertikal ini akan menarik banyak perhatian. Menara ini tidak hanya akan menjadi ikon, tetapi juga menjadi hunian super-mewah.

www.dezeen.com Tidak hanya penduduk distrik tersebut yang bisa menikmati keindahan hasil karya Blanc. Instalasi cantik ini akan dibuka secara resmi dalam Paris Design Week yang mulai dibuka hari ini (9/9/2013) hingga Minggu (15/9/2013).
Para pesohor dan pemilik modal dari seluruh dunia kemungkinan besar akan tertarik pada 38 penthouse mewah di lantai "mengambang" di salah satu menara One Central Park. Pemilik hunian mewah tersebut akan dimanjakan oleh sorotan sinar matahari, tanaman hijau, serta instalasi lampu LED pada malam hari karya Yann Kersale.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.