Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Taman Vertikal Tertinggi di Sydney

Kompas.com - 10/09/2013, 13:22 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Sama seperti karya-karyanya yang lain, Blanc tidak semata memberi tanaman pada dinding vertikal. Seperti biasanya, dia selalu menyertakan keistimewaan di dalamnya.

Setelah menyertakan 7.600 tanaman dari 237 spesies berbeda pada salah satu dinding bangunan di Paris, kini Blanc membuat taman vertikal pada menara pencakar langit One Central Park di Sydney, Australia. Taman vertikal tersebut akan berada di menara One Central Park, dua menara residensial yang akan menjadi ikon di tengah pusat ritel Sydney, Australia.

www.dezeen.com Kali ini, Blanc akan menyertakan 190 jenis tanaman asli Australia dan 160 spesies tanaman eksotis. Ratusan spesies tanaman tersebut akan menutupi 50 persen permukaan bangunan. Dengan jumlah cukup signifikan itu, tanaman yang menempel pada permukaan One Central Park itu seolah-olah merupakan tanaman merambat dari taman, tak jauh dari kedua menara tersebut.
Menara karya Ateliers Jean Nouvel tersebut berisi 624 apartemen. Semuanya berada dalam gedung setinggi 116 meter dan 64,5 meter. Menara yang lebih pendek berkonsep mixed-use dan berisi apartemen, toko, kafe, restoran, dan kantor.

Menurut rencana, menara tersebut akan rampung pada Januari 2014. Saat itu, karya Blanc yang "menempel" padanya akan menjadi dinding "hidup" tertinggi di dunia.

"Bangunan ini, bersama dengan taman vertikal saya, akan menjadi pekerjaan arsitektural yang mengambang di udara, dengan tanaman bertumbuh pada dindingnya. Ini akan menciptakan hasil yang begitu istimewa dan menjadi hal baru bagi Sydney," ujar Blanc.

www.dezeen.com Sebelum berada di tangan Blanc, bangunan yang ada di sudut Rue d'Aboukir dan Rue des Petits-Carreaux di Deuxieme Arrondisement, Paris, ini tampak kosong. Fasad sisi bangunan tersebut hanya ditutupi beton-beton ekspos tanpa ornamen.
Kali ini, Blanc akan menyertakan 190 jenis tanaman asli Australia dan 160 spesies tanaman eksotis. Ratusan spesies tanaman tersebut akan menutupi 50 persen permukaan bangunan. Dengan jumlah cukup signifikan itu, tanaman yang menempel pada permukaan One Central Park itu seolah-olah merupakan tanaman merambat dari taman, tak jauh dari kedua menara tersebut.

Tentu, pembangunan taman vertikal ini akan menarik banyak perhatian. Menara ini tidak hanya akan menjadi ikon, tetapi juga menjadi hunian super-mewah.

www.dezeen.com Tidak hanya penduduk distrik tersebut yang bisa menikmati keindahan hasil karya Blanc. Instalasi cantik ini akan dibuka secara resmi dalam Paris Design Week yang mulai dibuka hari ini (9/9/2013) hingga Minggu (15/9/2013).
Para pesohor dan pemilik modal dari seluruh dunia kemungkinan besar akan tertarik pada 38 penthouse mewah di lantai "mengambang" di salah satu menara One Central Park. Pemilik hunian mewah tersebut akan dimanjakan oleh sorotan sinar matahari, tanaman hijau, serta instalasi lampu LED pada malam hari karya Yann Kersale.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com