Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mural Terbesar di Dunia, Menutup Dinding Apartemen Kota

Kompas.com - 09/09/2013, 13:39 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Seni jalanan, termasuk mural, kini tidak lagi dipandang sebagai perusak kota. Mural dapat bermuatan pesan layanan masyarakat, pesan politis, bahkan mampu mempercantik kota.

Salah satu mural yang mampu mempercantik kota adalah mural karya perusahaan CiteCreation di Berlin, Jerman. Uniknya, mural tersebut mungkin saja merupakan mural terbesar di dunia.

Perusahaan CiteCreation asal Perancis membuat lukisan pada dinding apartemen di Berlin, Jerman. Mural tersebut menutupi permukaan apartemen Wohngenossenschaft Soldaritaet Coop seluas 20.000m2.

www.dailymail.co.uk Perusahaan CiteCreation asal Perancis membuat lukisan pada dinding apartemen di Berlin, Jerman. Mural tersebut menutupi permukaan apartemen Wohngenossenschaft Soldaritaet Coop seluas 20.000m2.
Secara khusus, para seniman dari CiteCreation membubuhkan gambar-gambar yang terinspirasi dari kebun binatang di dekat apartemen tersebut. Tidak ada satu jengkal pun fasad apartemen tersebut yang tidak tertutup karya para seniman CiteCreation.

CiteCreation mempekerjakan sekitar 80 seniman bagi kantornya di seluruh dunia. Selain memiliki kantor di beberapa kota penting di dunia, perusahaan tersebut sudah membuat 600 karya seni monumental di seluruh dunia.

www.dailymail.co.uk Secara khusus, para seniman dari CiteCreation membubuhkan gambar-gambar yang terinspirasi dari kebun binatang di dekat apartemen tersebut. Tidak ada satu jengkal pun fasad apartemen tersebut yang tidak tertutup karya para seniman CiteCreation.
Perusahaan ini memiliki karya di Paris, Lisabon, Yerusalem, Yokohama, dan Quebec. Menurut situs resminya, masing-masing karya yang dibuat melalui studi mereka terlebih dahulu hingga menghasilkan detil luar biasa.

Perusahaan tersebut membuat dinding Wohngenossenschaft Soldaritaet Coop tertutup dengan gambar-gambar pohon dan beberapa binatang liar. Penghuni dan orang-orang yang berlalu-lalang di depannya bisa melihat burung-burung, tupai, dan beruang pada fasad apartemen tersebut.

www.dailymail.co.uk Selain itu, para seniman juga menggambar beberapa jendela palsu seukuran jendela asli di kanan, kiri, atas, dan bawahnya. Jendela-jendela palsu ini tampak istimewa. Keberadaannya membuat gambar-gambar pohon berukuran besar dan hewan-hewan liar tersebut seolah nyata.
Selain itu, para seniman juga menggambar beberapa jendela palsu seukuran jendela asli di kanan, kiri, atas, dan bawahnya. Jendela-jendela palsu ini tampak istimewa. Keberadaannya membuat gambar-gambar pohon berukuran besar dan hewan-hewan liar tersebut seolah nyata.

Sebenarnya, tim yang membuat mural di permukaan apartemen Wohngenossenschaft Soldaritaet Coop belum mengantongi sertifikat bahwa mural karya mereka merupakan mural terbesar di dunia. Mereka baru saja mengirimkan aplikasi kepada Guinness Book of World Records. Saat ini, rekor mural luar ruangan terbesar dunia masih dipegang oleh Pueblo Levee Project di Pueblo, Colorado.

www.dailymail.co.uk Sebenarnya, tim yang membuat mural di permukaan apartemen Wohngenossenschaft Soldaritaet Coop belum mengantongi sertifikat bahwa mural karya mereka merupakan mural terbesar di dunia. Mereka baru saja mengirimkan aplikasi kepada Guinness Book of World Records.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com