Kompas.com - 09/09/2013, 13:39 WIB
Secara khusus, para seniman dari CiteCreation membubuhkan gambar-gambar yang terinspirasi dari kebun binatang di dekat apartemen tersebut. Tidak ada satu jengkal pun fasad apartemen tersebut yang tidak tertutup karya para seniman CiteCreation. www.dailymail.co.ukSecara khusus, para seniman dari CiteCreation membubuhkan gambar-gambar yang terinspirasi dari kebun binatang di dekat apartemen tersebut. Tidak ada satu jengkal pun fasad apartemen tersebut yang tidak tertutup karya para seniman CiteCreation.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Seni jalanan, termasuk mural, kini tidak lagi dipandang sebagai perusak kota. Mural dapat bermuatan pesan layanan masyarakat, pesan politis, bahkan mampu mempercantik kota.

Salah satu mural yang mampu mempercantik kota adalah mural karya perusahaan CiteCreation di Berlin, Jerman. Uniknya, mural tersebut mungkin saja merupakan mural terbesar di dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perusahaan CiteCreation asal Perancis membuat lukisan pada dinding apartemen di Berlin, Jerman. Mural tersebut menutupi permukaan apartemen Wohngenossenschaft Soldaritaet Coop seluas 20.000m2.

www.dailymail.co.uk Perusahaan CiteCreation asal Perancis membuat lukisan pada dinding apartemen di Berlin, Jerman. Mural tersebut menutupi permukaan apartemen Wohngenossenschaft Soldaritaet Coop seluas 20.000m2.
Secara khusus, para seniman dari CiteCreation membubuhkan gambar-gambar yang terinspirasi dari kebun binatang di dekat apartemen tersebut. Tidak ada satu jengkal pun fasad apartemen tersebut yang tidak tertutup karya para seniman CiteCreation.

CiteCreation mempekerjakan sekitar 80 seniman bagi kantornya di seluruh dunia. Selain memiliki kantor di beberapa kota penting di dunia, perusahaan tersebut sudah membuat 600 karya seni monumental di seluruh dunia.

www.dailymail.co.uk Secara khusus, para seniman dari CiteCreation membubuhkan gambar-gambar yang terinspirasi dari kebun binatang di dekat apartemen tersebut. Tidak ada satu jengkal pun fasad apartemen tersebut yang tidak tertutup karya para seniman CiteCreation.
Perusahaan ini memiliki karya di Paris, Lisabon, Yerusalem, Yokohama, dan Quebec. Menurut situs resminya, masing-masing karya yang dibuat melalui studi mereka terlebih dahulu hingga menghasilkan detil luar biasa.

Perusahaan tersebut membuat dinding Wohngenossenschaft Soldaritaet Coop tertutup dengan gambar-gambar pohon dan beberapa binatang liar. Penghuni dan orang-orang yang berlalu-lalang di depannya bisa melihat burung-burung, tupai, dan beruang pada fasad apartemen tersebut.

www.dailymail.co.uk Selain itu, para seniman juga menggambar beberapa jendela palsu seukuran jendela asli di kanan, kiri, atas, dan bawahnya. Jendela-jendela palsu ini tampak istimewa. Keberadaannya membuat gambar-gambar pohon berukuran besar dan hewan-hewan liar tersebut seolah nyata.
Selain itu, para seniman juga menggambar beberapa jendela palsu seukuran jendela asli di kanan, kiri, atas, dan bawahnya. Jendela-jendela palsu ini tampak istimewa. Keberadaannya membuat gambar-gambar pohon berukuran besar dan hewan-hewan liar tersebut seolah nyata.

Sebenarnya, tim yang membuat mural di permukaan apartemen Wohngenossenschaft Soldaritaet Coop belum mengantongi sertifikat bahwa mural karya mereka merupakan mural terbesar di dunia. Mereka baru saja mengirimkan aplikasi kepada Guinness Book of World Records. Saat ini, rekor mural luar ruangan terbesar dunia masih dipegang oleh Pueblo Levee Project di Pueblo, Colorado.

www.dailymail.co.uk Sebenarnya, tim yang membuat mural di permukaan apartemen Wohngenossenschaft Soldaritaet Coop belum mengantongi sertifikat bahwa mural karya mereka merupakan mural terbesar di dunia. Mereka baru saja mengirimkan aplikasi kepada Guinness Book of World Records.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.