Seperti Inilah Sisi "Perempuan" dari Beton....

Kompas.com - 09/09/2013, 11:45 WIB
Koleksi produk mereka yang bernama www.designboom.comKoleksi produk mereka yang bernama "Office Unit" seolah mendekonstruksi nuansa maskulin pada alat-alat tulis dan keperluan kantor. Sebenarnya, koleksi ini tidak hanya terdiri dari perlengkapan kantor, namun juga beberapa furnitur untuk ruang keluarga yang terbuat dari beton.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Mensch Made, studio desain asal Belanda yang membuat berbagai produk interior dan aksesoris apik ramah lingkungan memperingati hari jadinya yang pertama dengan mengenalkan koleksi produk mereka pada pameran Maison & Objet 2013 di Paris, Prancis. Sama seperti produk mereka yang terdahulu, Mensch Made masih menciptakan produk penuh gaya hasil eksperimen berkualitas tinggi namun berpenampilan sederhana.

Koleksi produk mereka yang bernama "Office Unit" seolah mendekonstruksi nuansa maskulin pada alat-alat tulis dan keperluan kantor. Sebenarnya, koleksi ini tidak hanya terdiri dari perlengkapan kantor, namun juga beberapa furnitur untuk ruang keluarga yang terbuat dari beton. Karena itulah, www.designboom.com menyebutkan koleksi ini sebagai "sisi perempuan dari beton".

www.designboom.com Semua produk dibuat dengan tangan berbahan dasar beton. Studio desain ini menempatkan batu-batuan yang biasanya ada di luar ruangan justeru menjadi
Semua produk dibuat dengan tangan berbahan dasar beton. Studio desain ini menempatkan batu-batuan yang biasanya ada di luar ruangan justeru menjadi "tuan rumah" bagi interior bangunan.

Meja-meja baru, tempat lilin, dan berbagai aksesoris yang terbuat dari beton dan kayu justeru dibuat hingga menciptakan kombinasi apik. Kombinasi tersebut menampilkan fitur yang lembut, tampak mengalir, dan bercorak cantik meski menggunakan material "keras".

www.designboom.com Produk yang patut disimak adalah dua meja kopi. Permukaan meja kopi terbuat dari semen, sementara kaki-kakinya terbuat dari kayu. Kedua permukaan meja memiliki hiasan apik.
Produk yang patut disimak adalah dua meja kopi. Permukaan meja kopi terbuat dari semen, sementara kaki-kakinya terbuat dari kayu. Kedua permukaan meja memiliki hiasan apik.

Untuk meja berbentuk oval, permukaannya dihiasi oleh gambar serangga berukuran besar. Sementara itu, meja kopi lainnya yang berbentul lingkaran tampak cantik dengan hiasan beberapa renda-renda melingkar berukuran kecil.

Di balik karya cantik ini, ternyata Mensch Made memiliki filosofi yang unik. Menurut dia, setiap produk memiliki bagian depan dan belakang.

www.designboom.com Semua produk dibuat dengan tangan berbahan dasar beton. Studio desain ini menempatkan batu-batuan yang biasanya ada di luar ruangan justeru menjadi
"Bagian depan adalah apa yang bisa Anda lihat dan rasakan. Bagian belakang adalah bagaimana produk ini dibuat, siapa yang membuat, di mana, dari material apa, dan dalam kondisi seperti apa," ujar Mensch Made dalam situs resminya.

Orang-orang yang bekerja di Mensch Made percaya, bahwa desain seharusnya sama cantiknya, dari belakang maupun dari depan. Itulah falsafahnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X