Unik... Desain Toko Terbuka, Bebas Pilah-Pilih Buku!

Kompas.com - 05/09/2013, 15:52 WIB
Sekilas, toko buku ini terasa seperti perpustakaan. Pengunjung dapat menikmati kunjungannya ke toko ini dan menggunakan waktunya sebaik mungkin. Bahkan, dengan adanya kedai kopi di dalam toko ini, lengkaplah kenyamanan yang ditawarkan bagi para pelanggan.
www.designboom.comSekilas, toko buku ini terasa seperti perpustakaan. Pengunjung dapat menikmati kunjungannya ke toko ini dan menggunakan waktunya sebaik mungkin. Bahkan, dengan adanya kedai kopi di dalam toko ini, lengkaplah kenyamanan yang ditawarkan bagi para pelanggan.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Approach Architecture Studio, studio arsitektur yang berasal dari Beijing ini baru saja mendesain toko buku, kedai kopi, galeri, dan teater mungil Xi'an Den IMC. Studio arsitektur tersebut berhasil memasukkan berbagai program dalam satu bangunan bervolume unik.

Bangunan yang dijadikan toko buku tersebut memiliki beberapa karakteristik unik. Pertama, bangunan itu memiliki atap segitiga yang tampak dari dalam bangunan.

Bentuk atap tersebut membuat bangunan ini terasa memiliki plafon yang sangat tinggi. Kedua, bangunan ini memiliki volume memanjang berkonsep terbuka namun digunakan untuk berbagai tujuan berbeda seperti toko buku, kedai kopi, dan bahkan ruang pamer.

www.designboom.com Bangunan yang dijadikan toko buku tersebut memiliki beberapa karakteristik unik. Pertama, bangunan itu memiliki atap segitiga yang tampak dari dalam bangunan.
Bangunan tersebut memiliki tiga level yang dimulai dari lantai dasar hingga lantai dua. Seluruh level bangunan ini dikelilingi oleh dinding kaca yang memungkinkan masuknya sinar matahari ke dalam ruangan.

Selain itu, ketiga level juga dilengkapi dengan lantai kayu berwarna terang dan beberapa dindingnya diwarnai dengan warna putih. Perpaduan semua hal ini memberikan ruang terang penuh sinar matahari yang nyaman untuk melihat-lihat buku dan membaca.

www.designboom.com Sekilas, toko buku ini terasa seperti perpustakaan. Pengunjung dapat menikmati kunjungannya ke toko ini dan menggunakan waktunya sebaik mungkin. Bahkan, dengan adanya kedai kopi di dalam toko ini, lengkaplah kenyamanan yang ditawarkan bagi para pelanggan.
Kedai kopi

Sekilas, toko buku ini terasa seperti perpustakaan. Pengunjung dapat menikmati kunjungannya ke toko ini dan menggunakan waktunya sebaik mungkin. Bahkan, dengan adanya kedai kopi di dalam toko ini, lengkaplah kenyamanan yang ditawarkan bagi para pelanggan.

Pengunjung disambut dengan tangga besar terbuat dari kayu di lantai dasar. Tangga tersebut mampu "mengantarkan" pengunjung ke lantai pertama dan kedua. Tangga pun berfungsi ganda sebagai tempat menyimpan buku-buku.

www.designboom.com Pengunjung disambut dengan tangga besar terbuat dari kayu di lantai dasar. Tangga tersebut mampu
Selanjutnya, dari lantai dasar pengunjung akan sampai pada lantai pertama. Di lantai ini, pengunjung dapat menikmati secangkir kopi sembari membaca buku yang dapat diperoleh dari lantai teratas. Beberapa buku pun tersedia di rak-rak pembatas di antara meja yang ada di kedai kopi lantai pertama. Adapun lantai kedua atau lantai teratas merupakan toko buku berkonsep open space atau ruang terbuka.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X