Kompas.com - 04/09/2013, 10:19 WIB
Memadu-padankan warna dan aksesori di ruang makan, menciptakan suasana dan tampilan yang lebih menarik. www.architecturaldigest.comMemadu-padankan warna dan aksesori di ruang makan, menciptakan suasana dan tampilan yang lebih menarik.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Ketika memilih warna untuk dinding ruang makan, pilihan seringkali jatuh pada warna-warna netral seperti putih, kuning muda, dan krem. Warna merah dan biru juga menjadi pilihan lantaran menurut penelitian, warna merah dapat menggugah selera makan dan biru cenderung membantu seseorang mengingat kenangan masa kecil yang menyenangkan.

Sebenarnya, Anda bisa memilih warna apa pun yang diinginkan, termasuk ungu. Anda hanya perlu berkreasi dengan ketebalan warna yang tepat, aksen menarik, serta "permainan" cahaya untuk menjaga selera makan di ruangan tersebut.

Memadukan dengan warna netral 

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk ruang makan adalah memadukan warna ungu dengan warna netral. Pilihlah warna ungu yang cukup gelap dan tebal untuk salah satu dinding di ruang makan. Padukan dinding tersebut dengan warna yang lebih netral di sekelilingnya.
Misalnya, warna krem untuk dinding di sekitar dinding ungu dan putih sebagai warna plafon.

Selain itu, jangan lupa memberikan aksen menarik. Gunakan lampu gantung yang terbuat dari kaca atau baja. Hiasan kaca juga bisa Anda letakkan sebagai "centerpiece" di tengah-tengah meja makan. Hiasan-hiasan mengkilap ini mampu memberikan tampilan modern pada ruang makan.

Padukan dengan warna perunggu

Selain menggunakan hiasan dan "centerpiece" dari kaca-kaca transparan, Anda juga bisa menggunakan "centerpiece" dengan warna-warna perunggu. Dengan memadukan warna ungu dan perunggu, akan tercipta tampilan menarik dan elegan. Terutama, jika dipadukan dengan jenis dan bentuk aksen yang tepat.

Hiasan-hiasan perunggu yang tampak mewah, serta furnitur kayu berwarna gelap mendukung tampilan tersebut. Tidak hanya terkesan mewah, pengaturan ruang makan seperti ini memberikan nuansa hangat.

Tetap terang dengan dominasi putih

Namun, tidak semua orang senang dengan tampilan mewah. Bagi Anda yang ingin membawa warna ungu ke ruang makan, namun tidak ingin warna tersebut membuat terasa "berat", cobalah menggunakan warna putih.

Warna-warna terang membuat ruangan terasa lebih luas dan "ringan". Nikmati santapan sembari ditemani palet warna berikut ini: ungu muda, putih, dan sedikit abu-abu untuk membuat ruang makan "ringan" tersebut. Bila perlu, gunakan pula lantai kayu berwarna muda dan furnitur kayu berwarna serupa.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.