Warga Tentang Pembangunan Millenium Hollywood

Kompas.com - 30/08/2013, 11:19 WIB
Rencana pembangunan apartemen dan hotel Millenium Hollywood ditentang warga, karena berdiri di atas lahan sesar gempa aktif. worldpropertychannel.comRencana pembangunan apartemen dan hotel Millenium Hollywood ditentang warga, karena berdiri di atas lahan sesar gempa aktif.
|
EditorHilda B Alexander
LOS ANGELES, KOMPAS.com - Sekelompok warga Hollywood mengajukan gugatan kepada Dewan Kota Los Angeles, Kamis (29/8/2013), untuk menghentikan pembangunan dua pencakar langit bertajuk Millenium Hollywood. Mereka protes, lantaran proyek senilai 654 juta dollar AS atau setara dengan Rp 7,1 triliun itu akan dibangun di atas sesar gempa aktif.

Tak tanggung-tanggung, selain pengembang yakni Millennium Hollywood LLC, ikut tergugat lainnya adalah para pejabat yang menyetujui rencana pembangunan gedung hotel setinggi 35 dan apartemen 39 lantai tersebut.

Meski pengembang telah memenuhi sejumlah persyaratan dengan melakukan studi seismik untuk memastikan agar proyek apartemen di Los Angeles tersebut aman untuk dibangun, namun, kelompok itu akan melakukan investigasi geoteknik tambahan. Investigasi tambahan ini dilakukan untuk memastikan apakah betul pembangunan di atas situs sesar gempa tersebut aman.

Dalam sebuah konferensi pers, Robert Silverstein, pengacara yang mewakili kelompok-kelompok lingkungan, menuding Dewan Kota telah berkolaborasi dengan pengembang untuk menyembunyikan potensi gempa bumi dan masalah lalu lintas.

Ini merupakan gugatan kedua yang diajukan kepada pengembang dan Dewan Kota. Mereka meminta pengadilan untuk meninjau dampak lingkungan akibat pengembangan proyek yang nantinya bakal dikelola oleh W Hotel ini.

Membiarkan sebuah bangunan yang dirancang untuk pendudukan manusia di atas sesar aktif adalah kebodohan murni. Hal ini memungkinkan dua gedung pencakar langit yang mencakup hampir 500 unit dan sebuah hotel yang padat adalah tragedi yang memilukan.

Atas gugatan tersebut, Dewan Kota Los Angeles memberikan respon positif. Mereka telah memerintahkan pengujian lingkungan lebih lanjut kepada pengembang.

Juru Bicara Walikota Eric Garcetti, Jeff Millman mengatakan, kota Los Angeles tidak mengizinkan pembangunan gedung baru di atas patahan aktif.

Proyek Millennium Hollywood menempati lahan seluas 1,6 hektar dengan luas bangunan 1 juta kaki persegi. Di dalamnya mencakup hunian, hotel, perkantoran, restoran, klub kesehatan dan kebugaran, ruang ristel dan 2.000 ruang parkir baru.



Sumber LA Times
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X