Ikuti Cara Merancang Ruang Membaca yang Nyaman...

Kompas.com - 26/08/2013, 20:42 WIB
Merancang ruang membaca bisa dilakukan di ruang-ruang yang sudah ada, Anda tinggal menambahkan perlengkapan untuk menunjang kenyamanan. muscache.comMerancang ruang membaca bisa dilakukan di ruang-ruang yang sudah ada, Anda tinggal menambahkan perlengkapan untuk menunjang kenyamanan.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Bagi pecinta kegiatan membaca, memiliki perpustakaan pribadi atau ruang khusus untuk membaca bisa jadi merupakan impian yang sejak lama diidamkan. Waktu, ruang, dan emosi yang tepat merupakan perpaduan ideal untuk segera membenamkan diri ke dalam buku.

Sayangnya, membuat ruang khusus untuk membaca buku seringkali dipandang sebagai alokasi ruang yang sia-sia. Padahal, Anda bisa "mendompleng" ruang apa pun untuk membuat ruang membaca.

Berikut ini beberapa tips bagi Anda untuk membuat ruang membaca yang hemat ruang, namun tetap menyenangkan.

Pertama-tama, temukan dua hal berikut ini, yaitu jenis buku yang Anda suka dan cara ternyaman membaca buku menurut Anda. Meski sebaiknya Anda membaca buku dalam posisi duduk sempurna, namun tentunya ada orang-orang yang senang membaca sembari berbaring. Mengetahui kedua hal ini dapat memiliki efek yang cukup besar dalam mendesain ruang membaca.

Misalnya, Anda suka membaca cerita misteri dan detektif di meja kerja di rumah. Atau, Anda suka membaca novel yang berhubungan dengan dunia kuliner di dapur. Kedua hal ini akan berhubungan dengan langkah berikut ini.

Setelah mengetahui selera, pilihlah satu area di rumah yang selama ini memiliki fungsi ganda sebagai tempat membaca. Anda bisa memilih dapur, kamar mandi, tempat tidur, atau bahkan kamar bayi. Langkah selanjutnya adalah memutuskan apakah Anda membutuhkan ruang khusus, atau jangan-jangan ruang tersebut sebenarnya sudah "menjelma" menjadi ruang khusus untuk membaca.

Tanpa disadari, siapa tahu Anda sebenarnya sudah memiliki pojok khusus di dapur untuk membaca buku. Juga perpustakaan kecil di kamar. Jika sudah ada, tampaknya Anda tidak membutuhkan ruang membaca khusus. Mungkin Anda hanya butuh menambahkan beberapa perlengkapan, seperti lampu membaca, tempat menyimpan stabilo, atau hal-hal remeh lainnya.

Namun, jika tidak puas dengan ruang yang Anda gunakan saat ini, maka ada dua alternatif. Alternatif pertama, mengubah satu ruang, misalnya kamar tamu, menjadi ruang membaca dan perpustakaan. Alternatif kedua, gunakan ruang-ruang sisa, seperti ruang di bawah tangga, atau ceruk yang sebelumnya digunakan untuk lemari sebagai ruang membaca. 

Kedua hal ini membutuhkan pengerjaan renovasi. Anda mungkin membutuhkan tenaga ahli. Misanya untuk membobok dinding lemari, atau memasang lemari kayu seukuran dinding. Pilih lokasinya, kemudian pastikan desain seperti apa yang Anda inginkan untuk ruang membaca.

Pilih perlengkapan yang dapat menambah kenyamanan membaca. Anda bisa menggunakan sofa, daybed, atau karpet empuk. Perhatikan juga bahwa penggunaan karpet serta gorden di ruang membaca bisa mengurangi suara bising yang ada di sekeliling Anda.

Terakhir, pastikan ruang tersebut memiliki pencahayaan yang cukup. Manfaatkan sinar matahari atau pencahayaan buatan dengan jumlah yang tepat agar tidak berbahaya bagi mata Anda.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X