Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Oase" di Tengah Hutan Beton Negeri Singa

Kompas.com - 24/08/2013, 19:18 WIB
Tabita Diela

Penulis

archdaily.com Untuk dapat memasuki rumah ini, sang arsitek menyediakan anak tangga yang terbuat dari kaca. Setelah melewati tangga tersebut, sebuah pintu kayu menghubungkan bagian luar rumah menuju interior rumah yang unik.
archdaily.com Fitur istimewa yang ada di rumah ini adalah kolam renang dalam ruang yang terintegrasi dengan interior rumah. Warna biru mosaik pada lantai kolam renang,
archdaily.com Ada lagi unsur unik dalam rumah tersebut yang layak diapresiasi. Sebuah jembatan kaca membentang di atas kolam renang dan menggiring pemilik rumah ini menuju ruang tamu.
KOMPAS.com - Mayoritas penduduk Singapura tinggal di hunian vertikal. Namun, bukan berarti tidak ada rumah-rumah tapak berarsitektur istimewa di sana. Sebuah rumah di Jalan Angin Laut karya Hyla Architects berikut ini, misalnya, patut Anda simak. Rumah dengan luas 582,14 meter persegi ini memiliki satu fitur unik. 
 
Meski terkesan minimalis, namun rumah tersebut memiliki detil istimewa. Rumah yang tepatnya berada di Jln Angin Laut No. 19 ini tampak berbaur dengan taman di sekelilingnya. 
 
Tamu dan pemilik seolah disambut dengan ramah melalui pintu masuk yang sedikit "terangkat" dari permukaan tanah. Untuk dapat memasuki rumah ini, sang arsitek menyediakan anak tangga yang terbuat dari kaca. Setelah melewati tangga tersebut, sebuah pintu kayu menghubungkan bagian luar rumah menuju interior rumah yang unik. 
 
Fitur istimewa yang ada di rumah ini adalah kolam renang dalam ruang yang terintegrasi dengan interior rumah. Warna biru mosaik pada lantai kolam renang, "mendinginkan" interior rumah yang penuh dengan warna putih, abu-abu, beton, dan lantai kayu. Teras-teras yang mengelilingi kolam renang ini dipenuh tanaman hijau. Dengan segala karakteristik ini, rumah tersebut berhasil menjadi "oase" di tengah hutan beton kota besar.
 
Ada lagi unsur unik dalam rumah tersebut yang layak diapresiasi. Sebuah jembatan kaca membentang di atas kolam renang dan menggiring pemilik rumah ini menuju ruang tamu. Jembatan ini hanya salah satu dari beberapa perangkat yang menegaskan area pusat di rumah ini. Selain jembatan tersebut, sang desainer juga menggunakan lampu sebagai penegas "status" ruangan utama.  
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com