Posisi Jendela yang Bikin Cantik Dapur Anda

Kompas.com - 21/08/2013, 16:21 WIB
Dinding yang ada di atas sink bisa menjadi lokasi klasik untuk menaruh jendela dapur. Meski sudah biasa, namun efeknya tetap istimewa. Terlebih, jika jendela ini mengarah pada pemandangan luar rumah yang Indah. www.houzz.comDinding yang ada di atas sink bisa menjadi lokasi klasik untuk menaruh jendela dapur. Meski sudah biasa, namun efeknya tetap istimewa. Terlebih, jika jendela ini mengarah pada pemandangan luar rumah yang Indah.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Dapur hanya dipandang dari fungsinya sebagai tempat untuk menyiapkan makanan. Karena itu, dekorasi dapur pun terbatas. Padahal, jika Anda menghabiskan banyak waktu di dapur, tidak ada salahnya mempertimbangkan estetika di ruangan tersebut.

Berikut ini beberapa ragam pendempatan jendela dapur yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Meski tampak sederhana, menempatkan jendela dapur di posisi yang tepat mampu menambah cantik dapur Anda!

Jendela dapur di atas sink

Dinding yang ada di atas sink bisa menjadi lokasi klasik untuk menaruh jendela dapur. Meski sudah biasa, namun efeknya tetap istimewa. Terlebih, jika jendela ini mengarah pada pemandangan luar rumah yang Indah. Tentu saja, menikmati pemandangan sembari mengerjakan pekerjaan rumah mampu mengurangi tingkat stres Anda.

www.houzz.com Selain menempatkan jendela di satu titik, yaitu di atas sink dapur, Anda juga bisa menggunakan jendela sebagai pengganti upper cabinetry. Ketersediaan ruang penyimpanan di dapur untuk menyimpan persediaan makanan dan peralatan memasak memang menjadi salah satu perhatian pemilik rumah.
Menggantikan upper cabinetry

Selain menempatkan jendela di satu titik, yaitu di atas sink dapur, Anda juga bisa menggunakan jendela sebagai pengganti upper cabinetry. Ketersediaan ruang penyimpanan di dapur untuk menyimpan persediaan makanan dan peralatan memasak memang menjadi salah satu perhatian pemilik rumah. Maka, jika berpikir ingin mengurangi lemari dapur atau kitchen cabinet dan menggantikannya dengan jendela dapat mengurangi ruang penyimpanan, sebaiknya Anda mencontoh cara ini.

Alih-alih menggunakan upper cabinetry atau lemari dapur yang ditaruh di dinding bagian atas dapur, Anda bisa membuat lemari berukuran besar di sisi lain dapur. Cobalah membuat lemari dapur floor-to-ceiling.

Namun, jika enggan menyingkirkan lemari dapur, Anda juga bisa menempatkan jendela di sepanjang dapur atau di salah satu bagian dapur. Tepatnya, di dinding antara permukaan meja dapur (kitchen counter) dan lemari dapur bagian atas (upper kitchen cabinet) Anda. Dalam hal ini, jendela memiliki fungsi ganda sebagai backsplash.

www.houzz.com Terakhir, pastikan lokasi jendela dapur kamar Anda mempertimbangkan arah sinar matahari. Jika Anda memasang jendela menghadap ke arah timur, Anda bisa mendapatkan sinar matahari hangat setiap pagi. Ketika Anda mempersiapkan makan malam, Anda tidak akan terkena silaunya matahari sore.
Mengelilingi dapur

Namun, bila dapur Anda berada di salah satu sudut rumah dan Anda tidak berada di perumahan padat penduduk, cobalah membuat jendela yang mengelilingi dapur. Jendela semacam ini bisa menambah jumlah sinar matahari yang masuk ke dapur Anda. Hanya saja, hal ini mampu "menggusur" kitchen cabinet dan ruang penyimpanan di dapur. Maka itu, manfaatkan laci-laci yang ada pada meja dapur dan island Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X