Pengamat: Mendesak... Revisi Pergub Tentang Rusun Harus Dipercepat!

Kompas.com - 21/08/2013, 14:52 WIB
Suasana di Rumah Susun (Rusun) Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur (14/2/2013). KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA Suasana di Rumah Susun (Rusun) Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur (14/2/2013).
Penulis Latief
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat perkotaan Yayat Supriatna mengatakan, Pemprov DKI Jakarta harus mempercepat revisi Peraturan Gubernur (Pergub) No 27 Tahun 2009 tentang Pembangunan Rumah Susun Sederhana. Selain untuk kebutuhan hunian yang semakin mendesak, percepatan ini diharapkan mampu mengurai masalah kemacetan. 

Bahkan, lanjut Yayat, Gubernur DKI Jakarta Joko " Jokowi" Widodo bisa menggandeng pihak swasta dalam proses pembangunan apartemen murah tersebut.

"Aturannya harus segera dibuat agar bisa terealisasi, dan aturan itu sebaiknya tidak menyulitkan pihak swasta dalam hal ini pengembang," kata Yayat di Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Yayat mengatakan, saat ini kendala dari pembangunan rusun sederhana adalah mahalnya harga lahan. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta perlu menggandeng pihak swasta.

"Pemprov bisa menggandeng swasta atau mendata lahan nganggur milik mereka untuk dibangun apartemen murah," kata Yayat.

"Jadi, dalam penerapannya nanti, selain rumah tinggal akan ada perkantoran dan pusat belanja seperti rencana pembangunan rusun di Pasar Rumput," ucapnya.

Saat ini, lanjut Yayat, Gubernur DKI Jakarta Jokowi sudah meminta BUMD yang bergerak di bidang properti untuk membeli lahan murah dengan harga sekitar Rp 1 juta per meter. Lahan-lahan tersebut nantinya bisa dibangun rusun.

"Yang terpenting, harga atau sewa apartemen tersebut bisa terjangkau oleh orang miskin dan kelas pekerja," tambahnya.

Seperti diberitakan, Gubernur Jokowi mengaku kalau revisi Pergub 27 sedang dibahas. Revisi itu akan merubah soal Koefisien Lantai Bangunan (KLB) untuk ketinggian rusunawa atau apartemen.

Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI, Boy Bernadi Sadikin mendukung langkah Gubernur  Jokowi yang akan merevisi pergub tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X